Mudahnya Membuat Kartu Identitas Anak (KIA) Lewat Aplikasi Temanggung Gandem

Wednesday, July 10, 2019


Mumpung Adek Binar lagi bobok, jadilah mamak selonjoran sambil mainan hp, buka - buka chat group, bales - bales chat whatsapp, kemudian buka akun facebook, melihat beberapa postingan teman, lihat postingan group dan ga sengaja lihat saran pertemanan, munculah salah satu akun bernama Dukcapil Temanggung, iseng deh mamak buka - buka, kepoin setiap postingannya, ternyata akunnya update dan nemulah sebuah postingan gambar, berisi informasi mengurus dokumen online.

Baca Juga : Review SSC Nana Baby Carrier


Akhirnya mamak tertarik dan coba download aplikasi bernama Temanggung Gandem ini di Playstore, trus nyobain registrasi deh. Registrasinya juga gampang cuma tinggal masukin NIK aja, nanti otomatis muncul nama kemudian masukin nomor HP, nanti bakal di sms paswordnya.

Temanggung Gandem


Lihat - lihat menu kok mamak tiba - tiba tertarik sama menu KIA ya, karena Adek Binar belum punya jadilah mamak iseng coba bikin, dan caranya ternyata gampang banget.

Gimana sih cara bikinnya?

  1. Masuk menu home, kemudian pilih KIA (Kartu Identitas Anak).
    Tampilan Awal
  2. Masukkan NKK, nanti akan secara otomatis muncul nama kepala keluarga beserta alamatnya, serta nama anggota keluarga yang masuk di dalam KK tersebut. Untuk warga yang sudah 17 tahun akan otomatis tertulis usia lebih dari 17 tahun, sedangkan yang dibawah 17 tahun dibawah nama akan muncul tulisan pengajuan KIA, tinggal klik deh.
  3. Nanti disitu akan muncul 3 detail pengajuan KIA, data anak, data dukung dan kirim laporan, untuk data anak sudah otomatis keisi, jadi kita tinggal ngisi data dukungnya aja, isinya foto KTP ayah, KTP Ibu, KK dan akta kelahiran anak, khusus untuk anak diatas 5 tahun disertai foto yaa, kalau sudah nanti tinggal klik kirim deh, dan nunggu verifikasi dari Admin, kalau aku sih baru keesokan harinya baru diverifikasi dan ada pemberitahuan lewat sms, kalau ada yang kurang nanti tinggal melengkapi deh, ada keterangan kekurangannya di menu daftar pengajuan. Kalau udah lengkap nanti bakal di verifikasi.
    Detail Pengajuan
  4. Kalau udah lengkap bakal di sms lagi dengan status KIA siap di ambil.
    Ada pemberitahuan lewat SMS juga
  5. Dateng aja ke Dukcapil dibagian pengambilan KIA, tunjukin aja status diaplikasi, KIA langsung bisa diambil, ga pake syarat apapun, cuma tanda tangan bukti pengambilan aja. Gampaang banget kan yaa.

Apa Aja Syaratnya?

  1. Foto KTP Ibu
  2. Foto KTP Ayah
  3. Foto KK
  4. Foto Akta Kelahiran Anak.

Berapa Biayanya?

Gratiss...

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan 

  1. Aplikasi ringan, ga lemot.
  2. Bikin akunnya gampang, cuma modal NIK sama Nomor HP doank.
  3. Murah, karena ga perlu foto coppy dokumen.
  4. Cepet, tinggal klik - klik di rumah, kesono tinggal ambil aja.
  5. Bisa di akses kapanpun, 24 jam sehari, jadi tengah malampun bisa.
  6. Ada pemberitahuan lewat SMS.

Kekurangan

  1. Kurang sosialisasi tentang aplikasi ini (mungkin mamak yang kurang tau ya, atau sosialisasinya hanya sebatas ke kecamatan kelurahan aja, dan orang awam kayak mamak ga tau, semoga kedepannya sosialisasinya tambah gencar ya, biar pada mandiri ga bergantung sama orang yang ujung - ujungnya harus bayar).
  2. Pendaftaran akun menggunakan NIK dan nomor HP, jadi kayak ga ada verifikasi lebih lanjut gitu, takutnya ada orang iseng yang pake NIK orang lain, dan disalah gunakan gitu, semoga ga kejadian ya 
  3. Nama akunnya Temanggung Gandem, jadi terlalu umum, kalau orang pasti mikirnya itu akun umum Kabupaten Temanggung bukan akunnya Dukcapil.

Secara keseluruhan aku suka banget sih sama aplikasi ini, ngebantu banget ya, dan pelayanannya juga cepet banget, ga pake ribet, data dukungnya juga bisa pake foto, ga perlu scan juga, gratis pula. Oh iya, untuk semua pelayanan di disdukcapil ini setahuku gratis ya, kalau ngurus sendiri, kalau nitip orang mah beda, aku pernah waktu mau bikin akta kelahiran Adek Binar sama Update KK buat penambahan Nama, nitip sama orang ternyata disuruh bayar Rp.150.000, - dan jujur mamak sangat shock, secara mamak tahu kalau ngurus - ngurus dokumen kayak gitu itu gratis. Kan sayang banget ya duit segitu, bisa buat beli diapers bisa cukup buat sebulaan (maklumlah emak - emak yee). Dan dengan adanyaa aplikasi ini mamak bahagia banget, sangat ngebantu deh, semoga kedepannya juga pada kebantu ya dengan aplikasi ini, karena sebenarnya bebikin dokumen itu gampang dan enggak ribet.

Baca Juga : Review Makaroni Mewek

KIA Adek Binar
Mamak puaas banget sama aplikasi ini plus pelayanan KIA nya, mamak belum nyobain menu lainnya sih, semoga yang lain juga segampang ini yaa. Yuuk ah gaes pada bikinin anaknyaa KIA, gampang banget kan caranya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Halo mbak Blogger Temanggung, wah kere banget yak di sana, apa-apa sudah menggunakan aplikasi. Keren lah pemerintahannya ini.
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, salam kenal juga, terimakasih ya sudah mampir

      Delete