Telaga Warna, wisata alam yang tak akan pudar keindahannya

Monday, November 03, 2014

Picture by Hendra

Wonosobo... ada yang pernah dengar kabupaten ini? kota sejuk dilereng pegunungan dengan sejuta keindahannya. Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara ternyata patut dijadikan tujuan wisata alam.

Kalau kemarin sudah posting wisata wonosobo yang murah meriah DISINI. Kali ini aku mau bahas tentang Telaga menjer. Letak Telaga Menjer tepatnya berada di Desa Menjer, Kecamatan Garung, 12 kilometer dari kota Wonosobo.  Untuk menuju tempat ini, kita bisa naik kendaraan umum, bus kecil,  dari Wonosobo jurusan jurusan Dieng. Setelah itu turun di Garung. Disana terdapat gapura yang menunjukkan arah ke Telaga Menjer.

Berbeda dengan kemarin yang melewati kota Wonosobo, perjalanan kali ini sedikit berbeda, karena jalanan yang dilewati tak kalah dengan keindahan telaga warna, yaitu hamparan karpet hijau kebun teh.

Baca Juga : Karuhun vs Maicih


Kebun teh tambi terletak di perbatasan Kabupaten Temanggung dan kabupaten Wonosobo, untuk menikmati wisata alam ini tidak dikenakan biaya sedikitpun, karena agrowisata ini terletak di sepanjang jalan menuju dieng, jadi semua pengunjung bisa dengan leluasa berfoto di hamparan karpet hijau kebuh teh dengan backround pengunungan serta perbukitan.

Picture by Hendra
Selain kebun teh, agrowisata tambi juga menyediakan Factory Tour, dengan diajarkan memilih teh yang bagus, mencoba memetik teh sendiri dengan karangjang dipunggung dan caping gunung, setelah itu bisa langsung menyaksikan langsung proses pembuatan teh secara detail sampai pengepakan.Sayangnya aku belum pernah ikutan temen - temen, jadi ga bisa bercerita lengkap deh. Hihihi....

Baca Juga : Temanggung Sayang


Sayangnya akses menuju tempat ini agak susah, soalnya jalannya "gulo kacang" alias banyak yang rusak, ya semacam jalan aspal yang udah pada copot - copot gitu deh, selain aspalnya yang sudah pada rusak, jalanannya juga ekstrim, tanjakan yang berbelok - belok. Jadi buat temen - temen yang mau kesini hati - hati ya, sama jangan lupa isi full bensinnya, soalnya disini ga ada pom bensin. Hehehe...,


Oh iya temen - temen, kalau disini harus hati - hati ya kalau mau naruh barang, biasanya kan kalau udah asik berfoto ria fotonya suka ditinggal begitu saja, soalnya disini banyak tangan - tangan jahil yang suka usil, kaya punya temenku yang helmnya raib disini, padahal cuma ditinggal sebentar buat foto - foto.

Baca Juga : Pedasnya Bakso Lombok Uleg Temanggung

Lanjut ke tujuan awal, Telaga Menjer, perjalanan dari Tambi sampai Telaga Menjer sekitar 30 menit. berbeda dengan perjalanan dari Parakan menuju Tambi yang jalannya ekstrim, jalan menuju telaga menjer lebih santai dan nyaman, jalan yang dilalui cukup enak, aspalnyapun masih halus dan mulus, tapi tetap saja naik turun, namanya saja jalan - jalan di pegunungan, ya wajarlah.

Tiket masuk telaga menjer murah meriah yaitu 3000 rupiah saja per orang plus 2.000 rupiah buat parkir motor, dan masih bisa di tawar lo, tinggal bilang saja orang Wonosobo asli, dan jangan lupa gunakan bahasa jawa khas Wanasaba biar yang jaga tambah percaya. Sssstttt.... tapi jangan ditiru ya, ga baik, hehe..,


Uniknya di telaga menjer ini banyak bukit - bukitnya di pinggir telaga, jadi bisa buat nongkrong gitu, jangan lupa bawa cemilan sama minumannya ya, soalnya kalau beli di sini harganya lumayan mahal, tapi jangan lupa buang sampah di tempatnya ya, kan sayang kalau pemandangan sebagus ini rusak karena sampah, kaya foto disamping tuh, kan ga enak banget lihatnya.



Disini juga bisa naik gethek lho teman - teman, ga mahal, cukup membayar 5.000 per orang, dan seperti biasa masih bisa di tawar, hehehe... Kaya beli cabai aja ya pakai tawar menawar segala. Tapi ga nyeselah, 5.000 buat muterin danau selama kurang lebih 30 menit, coba kalau buat beli bakso, ga dapet semangkok. Hehehe

Recomend deh buat jalan - jalan kesini, selain wisata murah meriah, tempat ini juga enak banget, sejuk - sejuk dingin gitu, cocok buat temen - temen yang lagi jenuh sama pekerjaan, tapi sayangnya cuman satu teman - teman, tempat ini agak kotor, ada beberapa sampah yang berserakan, jadi buat temen - temen yang kesini jagalah kebersihan ya, buang sampah pada tempatnya.



Dari tempat wisata ini menuju tempat parkir juga ga terlalu jauh kok, cukup jalan kaki sekitar 10 menitan, jalan menuju tempat parkir juga enak , masih dengan ciri khas hijau - hijau gitu, jadi bisa sekalian foto - foto sekalian istirahat sejenak. So... buat temen - temen yang lagi liburan ke Wonosobo atau Dieng, jangan lupa mampir kesini ya, di jamin ga nyesel deh. Selamat berlibur teman - teman, happy traveling ^^

You Might Also Like

4 komentar

  1. saya anak asli pribumi tlaga menjer
    terima kasih atas posting anda yang banyak membantu perkembangan telaga kita tercinta,,
    kalau anda mampir jangan sungkan2 hubungi saya ,
    nanti saya antar keliling tlaga menjer GRATIS

    087834263657 itu nomor saya jika anda pingin tau lebih banyak tentang tlaga menjer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas deni fahrizal sudah berkunjung di bloggerku,

      Pengen ke Wonosobo lagi, sepertinya masih banyak tempat yang bisa saya kunjungi :)

      Delete
  2. saya anak asli pribumi tlaga menjer
    terima kasih atas posting anda yang banyak membantu perkembangan telaga kita tercinta,,
    kalau anda mampir jangan sungkan2 hubungi saya ,
    nanti saya antar keliling tlaga menjer GRATIS

    087834263657 itu nomor saya jika anda pingin tau lebih banyak tentang tlaga menjer

    ReplyDelete
  3. telaga warna recomended banget ya buat jadi tempat wisata..

    ReplyDelete