Jatimalang, pesona pantai di pesisir Purworejo

Tuesday, January 06, 2015



Happy New Year teman - teman, ga kerasa ya libur panjangnya udah selesai, padahal masih banyak tempat yang sebenernya pengen dikunjungi, ya beginilah resiko jadi orang kantoran, liburnya sangat terbatas. Hiks... Hiks...
Seperti liburan - liburan sebelumnya, aku lebih suka maen ke wisata alam ketimbang maen ke mall, selain wisata alam itu murah meriah, wisata alam juga bisa bikin otak bener - bener fress, apalagi setelah berbulan - bulan ngantor, mikirin target yang bejibuun.
 
Pantai Jatimalang, ada yang pernah kesini?? yaps, pantai Jatimalang terletak di kabupaten Purworejo, tepatnya di desa Jatimalang, kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, pantai ini termasuk jajaran pantai selatan lo, jaraknya kurang lebih 17 km dari kota Purworejo dan sekitar 60 km kalau dari kota Yogyakarta.
 
Kalau dari Magelang sekitar 1.5 Jaman perjalanan, ga terlalu jauhlah dibandingin kalau ke Gunung Kidul, hahaha... Untuk petunjuk arahnya lumayan gampang, dari alun - alun kota Purworejo ambil kiri ke arah Yogyakarta, lurus terus, nanti lampu merah kedua belok ke kanan, ke arah purwodadi, nah, dari sini udah mulai banyak petunjuk arahnya, jadi kalau sampai kesasar ya kebangeten. Hehehe
 
Untuk jalannya lumayan bagus, jalannya aspal alus, sepanjang perjalanan menuju Jatimalang akan disuguhi pemandangan sawah yang super keren (allay banget ya, kaya ga pernah lihat sawah aja), tapi beneran kok bagus banget, recomend deh pokoknya, sayangnya jalannya lumayan sempit, kalau papasan mobil sama mobil ya agak mepet gitu, tapi ga masalahlah, soalnya jalannya juga ga terlalu rame, jadi masih tetep bisa ngebut kok, kemarin aja aku kesana pas natalan alias pas liburan, tapi tetep ga macet kok.

Pantai jatimalang ini termasuk pantai nelayan, jadi di pinggir pantainya banyak perahu - perahu nelayan, ada juga pasar ikan, jadi kalau yang mau bawa oleh - oleh ikan bisa dibeli disini, tapi harus pinter - pinter milih ya, biar bisa dapet ikan yang bener - bener fress.
Untuk sekelas pantai nelayan, pantai Jatimalang ini termasuk pantai yang lumayan bersih, ada sampah sih disekitar pantai, tapi ga banyak, tempat ini juga belum terlalu ramai jadi bisa nyaman bermain ombak, pasirnya tergolong pasir abu - abu, tapi pasirnya halus banget, pokoknya recommend banget deh liburan kesini, kalau liburan ke Purworejo, luangkanlah sedikit waktu untuk mampir ke pantai Jatimalang ini.


 




Untuk berwisata pantai, disarankan lebih dari jam 14.00 ya, karena dijam - jam segini matahari udah ga terlalu panas, jadi bisa lebih leluasa menikmati keindahannya. Kebetulan hari ini cerah banget, jadi bisa sampai sore bermain air disini. Selain bisa berpuas - puas main air, cuaca cerah sampai sore, kemarin juga dapet bonus lihat senja di Jatimalang, waaah, menyenangkan sekali, bisa lihat matahari tenggelam disini, cantik banget pokoknya.


buat teman - teman yang bawa anak kecil, disini juga disediakan kolam renak untuk anak, jadi buat kalian yang kuatir anaknya bermain ombak, bisa nih berenang dikolam tepi pantai ini saja, kolamnya lumayan bersih kok dan ga terlalu rame.

Disekitar pantai ini banyak yang jualan makanan, terutama seafood, jadi kita makan disalah satu rumah makan di sekitar pantai ini, namanya Yu P*sek, menunya beraneka ragam ikan - ikanan, bisa dibakar dan digoreng, dan kemarin aku nyobain ikan bawal putih.
Didaftar menu harganya ga jelas banget, untuk ikan tulisannya 10.000 - 50.000/ porsi, inget ya per porsi, bukan per kilo, buat temen - temen yang mau makan dipinggir pantai hati - hati ya, sekedar saran dicek dulu harganya, kalau bisa cari rumah makan yang harganya jelas, ga kaya yang satu ini, masa harga ditulis sampai dengan, udah pasti dimahalin kalau makan dirumah makan seperti ini, kalau yang daftar menu dan harganya jelas kan bisa complain kalau ga sesuai, paling ga ada bukti tertulisnya. 

Setelah 30 menit menunggu akhirnya pesanan datang, ikan bawal putih bakar (tanpa sambel dari rumah makan, jadi harus pesen sendiri), tambah lalapan dan oseng kangkung, untuk rasa menurutku kurang, asiin banget, yah kalau untuk lidahku masakannya kurang enak, menurutku ya, kan selera orang beda - beda. Ikannya juga kecil - kecil, untuk porsi oseng kangkungnya ga terlalu banyak, dengan citarasa yang menurutku biasa aja (nothing spesial), di rumah makan ini juga banyak banget lalat, mungkin karena dipinggir pantai ya jadi banyak lalat, tapi paling ga kan bisa diminimalkan, secara rumah makan gitu, seharusnya kan hygiene, selera makan seseorang bisa menurun lo gara-gara lalet.

 
Taarraaa, waktunya bayar dikasir, setelah diitung - itung mbak kasir, kita surprise banget liat notanya, Rp.400.000,- lebih dikit, hahaha, untuk makan 7 orang dengan menu ikan bawal putih bakar sama 1 porsi kangkung dan 1 sambal dan 7 es teh, hahaha... Kaget aja lihat harga segitu dengan rasa yang biasa aja, setelah dilihat ternyata 1 ekor ikan bawal putih bakar imut - imut seharga Rp.35.000,- sesuai sih sama daftar harganya 25.000 - 50.000. Oh iya, sebelum bayar jangan lupa di cek notanya ya, pastikan yang ditulis di nota sesuai dengan yang kita makan, kemarin aja kita kelebihan 1 porsi nasi dan 1 porsi sambel, kan lumayan 12.000, bisa buat beli es, hehehe...
Secara keseluruhan, RECOMMEND BANGET buat liburan kesini, yang mengecewakan hanya rumah makannya saja, untuk pantai, lokasi dan jalan tidak mengecewakan. Pokoknya kalau ke Purworejo harus menyempatkan mampir kesini ya, mumpung masih lumayan sepi, jadi belum terlalu kotor, dijamin ga kecewa deh teman - teman. Hihihii...
Aku tunggu cerita liburan kalian ke Jatimalangnya ya, semoga menyenangkan , sampai jumpa diliburan berikutnya. Happy travelling ^^

You Might Also Like

6 komentar

  1. mantap refrensinya gan .. salam kenal monggo mampir http://resnufebri.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di share, jangan lupa sertakan linknya :)

      Delete
    2. Silahkan di share, jangan lupa sertakan linknya :)

      Delete
  3. main di pantai memang paling seru kalau sama teman-teman ya, dan menikmati indahnya sunset atau sunrise..

    ReplyDelete