Marketing dengan media Online

Tuesday, December 10, 2013


Website merupakan Sebuah Media yang bagus dalam pemasaran Online maupun penjualan secara online , dimana dalam website secara online kita bisa mengukur penjualan kita. Ada beberapa strategi pemasaran situs / website ada beberapa hal yang bisa membantu anda untuk memasarkan website, yaitu :

1. Afilliate Marketing. 
   Pengertian sederhana dari Affliate Marketing atau Pemasaran Afiliasi adalah program dimana kita dibayar untuk menjual produk orang lain. Atau lebih jelasnya affiliate marketing adalah sebuah perjanjian saling menguntungkan antara merchant dan pemilik blog atau situs untuk mempromosikan produk dari merchant pada blog atau situs  dengan link ke situs merchant, dimana merchant membayar komisi kepada pemilik blog atau situs afiliasi untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliater. Setiap kali seseorang mengklik link pada situs afiliater dan melakukan pembelian, maka afiliasi akan mendapatkan komisi. Merchant akan membayar affiliater jika seorang konsumen klik pada link produk dan membuat pembelian.
Website merupakan Sebuah Media yang bagus dalam pemasaran Online maupun penjualan secara online , dimana dalam website secara online kita bisa mengukur penjualan kita. Ada beberapa strategi pemasaran situs / website ada beberapa hal yang bisa membantu anda untuk memasarkan website, yaitu :

 Dari 7 cara strategis monetasi blog, hampir semuanya merupakan bagian dari Affliate Marketing, sedangkan internet marketer yang menggunakan cara ini menyebut diri mereka affiliate marketer. Keuntungan Affiliate Marketing :

a.  Tanpa modal investasi. Untuk memulai monetasi blog dengan affiliate marketing, kita tidak butuh modal karena untuk ikut program affiliate dari suatu merchant, sebagian besar tidak mewajibkan kita membeli produk terlebih dahulu. Kalau pun ada biaya yang kita keluarkan, biasanya hanyalah untuk membeli domain dan hosting serta biaya koneksi internet. Walaupun kita tetap bisa menggunakan domain dan hosting gratisan, domain dan hosting berbayar lebih memberikan kebebasan untuk program afiliasi dibanding yang gratisan. Sebagian domain dan hosting gratisan untuk blog membatasi bahkan melarang kita untuk ikut program afiliasi contohnya wordpress. Lagi pula, saat ini banyak hosting dan domain berharga murah saat ini.
b.  Tanpa Resiko Kerugian. Manfaat lain dari affiliate marketer adalah minimnya risiko. Jika produk yang kita iklankan tidak menghasilkan uang, maka kita dapat meninggalkan produk tersebut dan memilih yang lainnya. Tidak ada kontrak jangka panjang yang mengikat kita untuk produk yang tidak menghasilkan uang yang banyak. Dan bila kita tidak perlu mengeluarkan modal, tentunya tidak ada resiko kerugian yang perlu kita tanggung, karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penelitian pasar, pembuatan produk, penyusunan sales letter, pembangunan situs penjualan, dan sebagainya, maka resiko kerugian kita bisa dibilang tidak ada dibandingkan model bisnis online lainnya
c.    Sangat Mudah Dijalankan. Affliate Marketing adalah cara mudah untuk membuat keuntungan karena sangat mudah dijalankan. Pemasaran Afiliasi dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan sebuah iklan atau link ke website merchant, dimana calon konsumen akan diharapkan untuk klik dan dilanjutkan untuk melakukan pembelian. Dengan konsumen mengklik iklan pada situs afiliasi, yang diarahkan ke website merchant dan membeli produk itu, maka affiliter mendapatkan komisi. Arahan yang semakin banyak maka lebih banyak keuntungan bagi affiliater.
d. Peluang Penghasilan Yang Sangat Besar. Peluang penghasilan yang sangat besar ini dikarenakan beragamnya produk yang bisa dipasarkan, dan nilai komisi pemasarannya yang mencapai 60% dari keuntungan merchant. Potensi keuntungan yang sangat besar -bahkan bisa melebihi gaji bulanan direktur perusahaan asing- maka affiliate marketing benar-benar merupakan kesempatan emas bagi orang biasa. 
e. Tidak butuh pengalaman menjual (marketing). Affliate Marketing benar-benar tidak memerlukan pengalaman penjualan. Kebanyakan program afiliasi menyediakan materi pemasaran yang sangat baik. Sederhananya, affiliate marketing memungkinkan kita untuk menjadi affiliate marketer yang paling rendah biayanya dan yang paling nyaman. Kita bahkan dapat menjadi sukses dengan bisnis affiliate marketing dari rumah kita sendiri. Dalam affiliate marketing, tanggung jawab kita adalah untuk mencari prospek untuk merchant, kita tidak perlu khawatir mengenai stok, proses pesanan, dan pengiriman produk. Ini semua merupakan tugas dari merchant.
f.  Pilihan dan celah peluang. Begitu kita mengetahui strategi mencari pasar yang potensial, affiliate marketing merupakan jalan yang sangat efektif untuk memperoleh keuntungan di segala niche market (pasar niche). Ini akan sangat menguntungkan bagi kita untuk dapat terhindar dari kecenderungan mengumpulkan semua telur dalam satu keranjang. Begitu keranjangnya hilang, semua telur kita akan ikut lenyap. 
g.    Tidak berurusan dengan pengepakan dan pengiriman barang Kita  juga tidak perlu pusing memikirkan dan mengurus soal pengepakan dan pengiriman barang, karena semuanya merupakan tugas merchant kita. 
h.  Tidak perlu berhubungan langsung dengan pembeli, yang perlu kita lakukan hanyalah mengarahkan prospek ke situs merchant, dengan berinteraksi melalui blog kita. Selanjutnya pembeli dan merchant yang akan melakukan komunikasi.
i.     Tidak menyita waktu. Banyak strategi yang memungkinkan kita untuk memperoleh komisi penjualan secara otomatis ataupun semi-otomatis.


2.        Blog Marketing.
        Banyak pengusaha mengambil blog marketing karena cara ini membantu menargetkan traffic atau pengunjung ke situs Web mereka. Dalam blog marketing, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa anda melalui dunia blogging , para blogger akan menulis review produk dan memasang link situs Anda sehingga pembaca dapat memiliki akses langsung dan mudah ke situs utama Anda. 
     Saat ini meluasnya perkembangan bisnis membuat bisnis bukan hanya dominasi orang-orang yang memiliki modal besar. Banyak pengusaha yang memiliki modal kecil pun kian marak keberadaannya dan mendapatkan kesuksesan tidak kalah dengan para pengusaha bermodal besar. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan berbisnis online. Media internet telah menjadi tempat mereka untuk melakukan transaksi bisnis tanpa dibatasi oleh hal-hal yang biasanya ditemui dalam bisnis konvensional, seperti batas, jarak, cuaca dan lain sebagainya. 
        Tapi sayangnya perkembangan bisnis ini tidak diikuti oleh kesadaran pengusaha untuk mempromosikan produk dan bisnisnya. Banyak pemilik perusahaan yang masih buta pentingnya internet marketing untuk kelangsungan bisnis yang dijalankannya. Survey membuktikan bahwa dari 10 perusahaan yang ada, hanya ada 5 diantaranya yang sudah mau dan mampu melihat nilai tambah dunia pemasaran online.
      Blog yang menarik dan atraktif diperlukan perusahaan. Definisi blog bagi perusahaan adalah sebagai wadah komunikasi internal maupun eksternal yang biasa disebut dengan virtual & Cyber Communication. Keuntungan untuk memanfaatkan teknik blog marketing bagi perusahaan diantaranya adalah:
a)    Blog memiliki komunikasi 2 arah. Selain dapat dijadikan sebagai wadah konsultasi antara jajaran karyawan dan direksi, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana penampung masukan dan saran dari pelanggan. 
b)   Blog akan meningkatkan brand awareness bagi perusahaan secara tidak langsung. Kesan yang baik akan muncul saat seorang CEO mau berkomunikasi secara langsung dengan pelanggannya melalui blog. Pelanggan tidak akan berpikir bahwa CEO tersebut kurang kerjaan tetapi sebaliknya pelanggan akan berpikir bahwa perusahaan tersebut memberikan perhatian sangat besar pada pelanggannya.
 
3.        Display Advertising.
      Dalam metode ini, Anda meletakkan banner Anda ke situs-situs yang sering dikunjungi oleh target pasar Anda. Di antaranya termasuk situs sosial bookmark, situs jaringan sosial, situs penerbitan dan forum.


4.        Email Marketing.
      Strategi pemasaran ini sangat baik bagi mereka yang ingin mendapatkan akses instan ke kotak surat pelanggan potensial ‘. Email pemasaran, adalah daftar email yang solid dan potensial yang bisa anda dapatkan dari pihak ketiga atau dari pengunjung yang dengan suka rela memasukan alamat email mereka ke dalam website anda melaui kotak menu yang telah anda sediakan ( pop up ) cara ini dapat menghasilkan hasil yang besar dalam penjualan bisnis Anda dan meningkatkan keuntungan.
       Email marketing Adalah salah pintu masuk bagi calong pelanggan Anda sebelum membeli produk Anda. Selain itu, email marketing dapat membantu untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda. Hubungan baik yang terjalin, bisa membuat pelanggan Anda membeli produk Anda secara berulang-ulang. Pertanyaanya bagaiamana memulai untuk melakukan strategi email marketing ? jawabanya ialah dengan mengenali jenis-jenis email marketing agar cara promosi Anda tepat. Berikut ini 6 jenis email marekting yang harus Anda tahu.
   a. Digest Email. Digest email jenis ini berisi kumpulan link populer dari Artikel atau produk toko online. Email jenis ini sering digunakan oleh agen kontes. Cotohnya : Saya bergabung di salah satu kontes desain logo di sebuah website, setiap minggu website tersebut mengirimkan saya email tentang kontes yang sedang berjalan pada website tersebut. 
b.  Newsletter. Sebelum memutuskan untuk menggunakan newsletter dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan Anda. Apa yang  menjadi tujuan utama Anda dalam email newsletter. Contohnya : Anda membuat newsletter agar semakin banyak orang membeli produk  Anda dan brand Anda semakin terkenal. Email jenis ini memiliki 3 keunggulan dalam melakukan pemasaran. Pertama, Dengan isi yang informatif membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Kedua, Anda bisa membuat orang mengujungi blog Atau website toko online Anda dari link newsletter yang Anda buat. Ketiga, Dengan newsletter Anda bisa memberikan informasi terbaru mengenai bisnis Anda misalnya diskon, pengumuman, survei dll. Kelemahanya, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya agar sesuai dengan tujuan Anda. 
c. Email Khusus. Email jenis ini juga dikenal sebagai email yang berdiri sendiri, karena hanya mengandung satu informasi tertentu dan menggunakan alamat email yang berbeda. Misalnya, Anda bisa mengirimkan email undangan untuk bergabung di grup facebook BELAJAR INBOUND MARKETING dengan menggunakan email pribadi Anda. Keunggulan email jenis ini, pertama meningkatkan jumlah orang yang di ajak untuk bergabung dalam sebuah promosi karena hanya satu penawaran. Kedua, mudah di ukur hasil dari email marketing yang Anda buat. Kelemahanya tidak adanya jadwal teratur dan perbedaan alamat email pengirim membuat orang enggan untuk membuka email. 
d. Email Untuk Leads atau Follow-Up. Email ini merupakan serangkaian email yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan email jenis ini, sangat dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya terdapat informasi yang pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di segmentasi bisa membuat pelanggan Anda lari. Misalnya Anda pemilik sebuah website tantang pengusaha internet. Kemudian ada seseorang yang memberikan kontak emailnya untuk mendownload e-book Tentang email marekting. Artinya orang ini suka dengan email marketing, kemudian karena website Anda menyajikan informasi seputar pengusaha internet tentu ada materi motivasi. Bila Anda mengirimkan materi motivasi kepada orang yang hanya tertarik dengan email marketing bisa jadi orang itu akan berhenti untuk menerima email yang Anda kirimkan.  
d. Sponsorship Email. Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang sama sekali baru dan menghasilkan calon pelanggan baru, Anda mungkin ingin mencoba email sponsorship. Dalam email sponsorship, Anda membayar untuk dimasukkan salinan dalam newsletter vendor lain. Keuntungan terbesar dari email sponsorship adalah bahwa mereka sangat ditargetkan, memungkinkan Anda untuk lebih spesifik dalam menentukan segmen yang ingin Anda jangkau. kelemahanya Anda harus membayar untuk mengirimkan email jenis ini. 
f.   Email Transaksional. Email transaksional adalah pesan yang bisa dipicu oleh tindakan tertentu  telah diambil, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan itu. Misalnya, jika Anda mendaftar untuk webinar, Anda akan mengisi formulir dan kemudian menerima transaksional (terima kasih) email yang menyediakan Anda dengan informasi login agar bisa bergabung. Email transaksional juga pesan yang Anda terima dari toko online seperti Yubistore yang mengkonfirmasi pesanan Anda dan memberikan informasi pengiriman dan rincian lainnya. Keuntungan terbesar dari email transaksional meningkatkan jumlah pageview. Sayangnya, salah satu kelemahan email transaksional adalah bahwa mereka dapat menjadi penghalang untuk menjadi pelanggan Anda. Kadang-kadang orang akan pergi setelah menekan tombol beli, karena harus menjadi anggota untuk berbelanja. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pilihan untuk langsung belanja, Contohnya Yubistore, Anda bisa langsung belanja tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

5.        Network Marketing.
         Metode ini juga dikenal sebagai multi-level marketing, pastikan bahwa pendapatan bisnis Anda terdiri dari sekitar 60 -70 persen penjualan produk dan tidak banyak bergantung pada biaya keanggotaan serta biaya untuk bahan promosi atau sampel. Banyak perusahaan biasanya gagal karena mereka hanya mencari anggota sebanyak banyaknya tanpa melakukan penjualan produk. Anda harus sangat teliti dalam jenis program ini. 
         Sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa pengertian multi level marketing (MLM) identik atau sama dengan sales atau tenaga penjual pada umunya, padahal keduanya berbeda. Sales hanya akan mendapatkan satu keuntungan saja, sedangkan MLM akan mendapatkan keuntungan ganda berupa bonus, seperti bonus eceran, bonus prestasi dan bonus perkembangan, potongan harga, dan incentive-incentive lainnya. Salesman konvensional mendapatkan motivasi dari berbagai macam training yang diselenggarakan perusahaan, sedangkan para networker memiliki komunitas yang lebih solid dan sistem pemberdayaan yang lebih canggih. Para upline membuat suatu kelompok dan bertindak sebagai pembimbing downline. Mereka membuat pertemuan-pertemuan reguler, yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan morivasi bagi para anggotan MLM (Dewi, 2004). 
          Strategi MLM adalah suatu cara atau metode yang dirancang oleh perusahaan untuk menawarkan suatu produk dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan yang dikembangkan oleh para distributor lepas. MLM disebut juga dengan network marketing, yang intinya adalah membentuk jaringan bisnis atau pemasaran dan membagi-bagi keuntungan bersama (“Surya”, 1994: 7). Perusahaan yang menggunakan strategi MLM akan mendistribusikan produk-produknya melalui sebuah jaringan yang terdiri dari para pelaku bisnis independent di seluruh dunia secara bebas (Valentine, 2003).
           Tugas utama para distributor perusahaan MLM relatif sederhana yaitu menjual produk secara langsung kepada konsumen dan mencari teman atau anggota baru agar ikut bergabung dan bersedia memasarkan produk-produk perusahaan. Untuk dapat meraih kesuksesan dalam sistem ini setiap distributor harus bekerja keras menjual produk-produk perusahaan kepada konsumen dan mencari mitra kerja untuk melakukan hal yang sama sebanyak-banyaknya, sehingga mempunyai jaringan yang luas.
            Penghasilan mereka diperoleh dari laba grosir, laba eceran, dan persentase dari volume penjualan total kelompok atau jaringan yang berhasil dibentuk. Keunggulan metode ini adalah ketika mereka menjadi anggota pasif masih memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan atau bonus (passive income) asal dapat mensponsori anggota sebanyak mungkin. Mereka yang berprestasi tinggi akan mendapatkan penghasilan yang tinggi pula.


6.        Search Engine Marketing.
         Pengusaha online yang ingin membuat situs mereka sangat terkenal dapat menggunakan teknik pemasaran ini. Search Engine Marketing menggabungkan SEO yang dapat anda lakukan sendiri serta dengan cara berbayar seperti Google Adword. Melalui Search Engine Marketing, situs Anda akan tampil di bagian atas mesin pencari sesuai dengan keyword yang anda target.
         Search engine marketing adalah sebuah bagian dari usaha marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di search engine, baik dengan cara SEO (Search Engine Optimization) maupun Paid Search. SEO merupakan usaha yang dilakukan agar website kita dapat mencapai ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian search engine. Jika ranking sebuah website di halaman hasil pencarian search engine lebih tinggi diharapkan traffic website akan meningkat, yang artinya meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di website kita. Karena sebagian besar klik yang terjadi di search engine, terjadi di halaman pertama. SEO membutuhkan usaha yang konsisten dan merupakan sebuah investasi jangka panjang, sehingga jangan harap hasil yang maksimal dalam jangka waktu sebulan dua bulan. Tapi, ada cara lain untuk muncul di halamn pertama hasil pencarian search engine yaitu paid search (search berbayar).
          Search engine marketing sering kali disalahartikan sebagai paid search. Padahal, SEM merupakan bauran antara SEO dan Paid Search. Lebih parahnya lagi jika SEM diasosiasikan dengan Google AdWords yang merupakan platform beriklan dari Google. Perlu dipahami walaupun Google merupakan search engine, tetapi platform beriklan yang dimilikinya memungkinkan advertiser untuk memunculkan iklan di jaringan Google seperti Youtube (yang pasti sudah tidak berkaitan dengan search engine, karena iklan di Youtube akan berupa image atau video).
         Ciri khas search engine marketing adalah keyword. Jika dianalogikan Search engine merupakan media Televisi yang memiliki berbagai program acara dengan range penonton yang luas, dari muda hingga tua, dari kelas sosial ekonomi menengah atas hingga menengah bawah. Tetapi, tiap program punya audience-nya sendiri2. Ada program acara yang memang paling banyak ditonton oleh pria dan ada juga oleh wanita. Tiap program acara punya karakteristiknya masing – masing. Nah, program acara ini yang dinamakan keyword jika dihubungkan dengan SEM. Jika kita menginginkan hasil yang efektif dan efisien maka kita diharuskan cerdas dalam memilih keyword mana yang akan kita incar. Bagaimana pemilihan keyword tersebut sehingga apa yang kita lakukan di search engine tidak sia sia? Di posting berikutnya, saya akan bahas hal tersebut sehingga search engine marketing kita memiliki hasil yang maksimal. 


7.        Viral Marketing.
          Metode ini menggunakan jaringan sosial dalam mengirim pesan ke pelanggan potensial yang dapat disampaikan ke pengguna online lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebarkan pesan suara atau email, atau iklan-kata dari mulut ke mulut.cara ini sangat cepat menyebar bagaikan menyebarnya sebuah virus. biasanya konsep viral marketing ini berupa rekomendasi dari teman ke teman.Istilah viral marketing dipopulerkan oleh Tim Draper dan Steve Jurvetson dari perusahaan venture capital, Draper Fisher Jurvetson pada 1997 untuk menjelaskan kesuksesan marketing Hotmail sebagai email provider. Viral dalam tinjauan marketing adalah terjadinya suatu tindakan baik kepada objek atau suatu pola pikir, sehingga memiliki kemampuan untuk menyebar dan menduplikasikan diri atau mengubah objek atau pola pikiran sehingga semakin menyerupai viral object ketika berinteraksi dengan viral object tersebut. Dimana penyebaran ini bersifat eksponensial dan membentuk pola penyebaran virus biologis atau epidemic.
     Menurut Ferrel, Hartline dan Lucas (2004:106) adalah An electronic form of word of mouth communication. Yang dapat diartikan sebagai suatu bentuk elektronik dari komunikasi dari mulut ke mulut.
   Pengertian Viral Marketing menurut Arifin (2003:115) adalah suatu program yang dirancang seperti virus dan berjangkit dari satu orang ke orang lainnya secara cepat dan luas. Sedangkan pengertian Viral Marketing menurut Wiranaga (2002:95) Viral marketing merupakan perkembangan dari sistem direct selling dengan cara memberikan imbalan yang khusus dengan bentuk menyerupai Network Marketing atau Multi Level Marketing. Yang membedakan antara Viral Marketing dengan Multi Level Marketing terletak pada variabel produk, perusahaan, harga, sistem bonus, iuran, target belanja dan berbagai syarat lainnya.
     Viral marketing saat ini adalah promosi dari mulut ke mulut dalam format elektronik. Dimana viral marketing adalah strategi maketing yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang original dan cukup menghibur yang mendorong consumer untuk menyampaikan pesan itu ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan didalam web seperti virus secara gratis tanpa membebani si pengiklan (Howard, para. 1).
    Viral marketing saat ini secara umum sangat bergantung pada teknologi internet, dimana konsumen sangat memahami penggunaan internet dan menggunakan internet sebagai sarana berkomunikasi sehari-hari.
    Viral marketing dan viral advertising mengacu pada teknik-teknik marketing yang menggunakan social networks yang sudah ada untuk meningkatan brand awareness melalui proses self-replicating viral processes dimana penyebarannya dapat dianalogikan seperti pola penyebaran virus biologis maupun virus komputer. Sehingga viral marketing dapat disebut juga fenomena marketing yang memfasilitasi dan mendorong masyarakat untuk menyebarkan pesan-pesan marketing secara sukarela. Kriteria pendukung yang harus diperhatikan dalam Viral marketing menurut Wiranaga (2003:97) adalah sebagai berikut:   
a. Produknya berkualitas dan memang diperlukan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu asing bagi konsumen, apalagi yang masih kontroversial.
b.  Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
c.  Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan mudah dimengerti.
d.  Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus yang berarti.
e. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
f. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target penjualan downline.
g. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
h. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
i.    Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam bentuk apapun.
j.   Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
k. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang memberikan program.

Kelebihan utama viral marketing menurut Richardson, yaitu :
a. Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol.
b. Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik, sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
c.  Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
d. Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
e. Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
f.    Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.

Kelemahan viral marketing yaitu :
a. Ketergantungan pada triggers (pemicu utama viral marketing yang dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan mati.
b.  Sangat susah untuk dikontrol, dengan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kontrol akan isi pesan yang disampaikan.

8.        Video Marketing .
    Video Marketing Seperti Youtube mengambil Peranan penting dalam era digital seperti sekarang ini dimana banyak sekali Artis artis dunia ataupun indonesia yang tiba tiba ngetop melalui media youtube ini sendiril.
9.        Social Media Marketing
        Social Media Marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain. 
     Social media adalah sebuah bagian dari strategi marketing. Sehingga tidak bisa berdiri sendiri. Jadi sangat penting untuk pengelola brand memikirkannya secara terintegrasi dengan berbagai komponen marketing dan media komunikasi lainnya, baik online maupun offline. Jika diperlukan ada divisi khusus yang menangani brand secara online tersebut.
    Mengembangkan kehadiran dan eksistensi situs web Anda pada jaringan social media seperti Facebook dan Twitter menjadi suatu keharusan bagi bisnis Anda. Social media merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi, dan mendengarkan pendapat pelanggan tentang bisnis Anda. Situs social media juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di search engine, dan mendatangkan jumlah kunjungan yang signifikan dan berkualitas ke situs web Anda.
   Saat ini Social Media (Seperti Blog, Facebook, Twitter, Foursquare, dan sebagainya) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi juga dipergukan sebagai penunjang bisnis. Banyak terlihat kehadiran brand-brand di berbagai bentuk Social Media. Social media adalah salah satu bagian dari strategi marketing. Sebagai salah satu cara berkomunikasi, maka Social Media mempunyai dampak baik serta dampak buruk. Kelebihan social media marketing :
a. Keberadaan brand di social media dapat menjadi sarana mudah buat konsumen untuk menyampaikan keluhannya dan brand dapat menggunakan social media untuk merespon dengan mudah dan cepat serta personal. Brand pun mesti memikirikan cara pelayanan konsumen yang baik via social media, juga tetap memantau berbagai keluhan layanan, dan meresponnya dengan cepat bahkan sebelum mereka melaporkan secara resmi.   
b.    Social media dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dengan menjadikan mereka tetap bersentuhan dengan brand secara personal, tetap saling berbagi informasi, dan konsumen mendapat manfaat, sehingga ujungnya bisa meretensi konsumen. 
c. Brand bisa menjadi cara baru strategi marketing dari mulut ke mulut. 
Kekurangan social media marketing adalah : 
a.  Jika barang atau jasa yang ditawarkan buruk, para pengguna social media bisa dengan mudah menumpahkan kekecewaannya melalui social media, bahkan sampai mencaci maki. Dengan demikian kehadiran brand di social media tersebut tidak akan membantu selama produknya tidak diperbaiki
b. Harus ada pengelola khusus agar tidak terjadi kebingungan bagi anggota yang merupakan konsumen atau calon konsumen.

Daftar Pustaka
http://hot.yukbisnis.com/berkenalan-dengan-6-jenis-email-marketing/
http://esoftdream.blogspot.com/2012/06/pengertian-multi-level-marketing-mlm.html\
http://u-agus.com/

You Might Also Like

0 komentar