Marketing dengan media Online
Tuesday, December 10, 2013Website merupakan Sebuah Media yang bagus dalam pemasaran Online maupun penjualan secara online , dimana dalam website secara online kita bisa mengukur penjualan kita. Ada beberapa strategi pemasaran situs / website ada beberapa hal yang bisa membantu anda untuk memasarkan website, yaitu :
1. Afilliate Marketing.
Pengertian sederhana dari Affliate
Marketing atau Pemasaran Afiliasi adalah program dimana kita dibayar untuk
menjual produk orang lain. Atau lebih jelasnya affiliate marketing adalah
sebuah perjanjian saling menguntungkan antara merchant dan pemilik blog atau
situs untuk mempromosikan produk dari merchant pada blog atau situs
dengan link ke situs merchant, dimana merchant membayar komisi kepada pemilik
blog atau situs afiliasi untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh
affiliater. Setiap kali seseorang mengklik link pada situs afiliater dan
melakukan pembelian, maka afiliasi akan mendapatkan komisi. Merchant akan
membayar affiliater jika seorang konsumen klik pada link produk dan membuat pembelian.
Website merupakan Sebuah Media yang bagus dalam pemasaran Online maupun penjualan secara online , dimana dalam website secara online kita bisa mengukur penjualan kita. Ada beberapa strategi pemasaran situs / website ada beberapa hal yang bisa membantu anda untuk memasarkan website, yaitu :
Website merupakan Sebuah Media yang bagus dalam pemasaran Online maupun penjualan secara online , dimana dalam website secara online kita bisa mengukur penjualan kita. Ada beberapa strategi pemasaran situs / website ada beberapa hal yang bisa membantu anda untuk memasarkan website, yaitu :
Dari 7 cara strategis monetasi blog, hampir semuanya merupakan bagian dari
Affliate Marketing, sedangkan internet marketer yang menggunakan cara
ini menyebut diri mereka affiliate marketer. Keuntungan
Affiliate Marketing :
a. Tanpa modal
investasi. Untuk memulai monetasi blog dengan affiliate
marketing, kita tidak butuh modal karena untuk ikut program affiliate dari
suatu merchant, sebagian besar tidak mewajibkan kita membeli produk terlebih
dahulu. Kalau pun ada biaya yang kita keluarkan, biasanya hanyalah untuk
membeli domain dan hosting serta biaya koneksi internet. Walaupun kita tetap
bisa menggunakan domain dan hosting gratisan, domain dan hosting berbayar lebih
memberikan kebebasan untuk program afiliasi dibanding yang gratisan. Sebagian
domain dan hosting gratisan untuk blog membatasi bahkan melarang kita untuk
ikut program afiliasi contohnya wordpress. Lagi pula, saat ini banyak hosting
dan domain berharga murah saat ini.
b. Tanpa Resiko
Kerugian. Manfaat
lain dari affiliate marketer adalah minimnya risiko. Jika produk yang kita
iklankan tidak menghasilkan uang, maka kita dapat meninggalkan produk tersebut
dan memilih yang lainnya. Tidak ada kontrak jangka panjang yang mengikat kita
untuk produk yang tidak menghasilkan uang yang banyak. Dan bila kita tidak
perlu mengeluarkan modal, tentunya tidak ada resiko kerugian yang perlu kita
tanggung, karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penelitian pasar,
pembuatan produk, penyusunan sales letter, pembangunan situs penjualan, dan
sebagainya, maka resiko kerugian kita bisa dibilang tidak ada dibandingkan
model bisnis online lainnya
c. Sangat Mudah
Dijalankan. Affliate
Marketing adalah cara mudah untuk membuat keuntungan karena sangat mudah
dijalankan. Pemasaran Afiliasi dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan
sebuah iklan atau link ke website merchant, dimana calon konsumen akan
diharapkan untuk klik dan dilanjutkan untuk melakukan pembelian. Dengan
konsumen mengklik iklan pada situs afiliasi, yang diarahkan ke website merchant
dan membeli produk itu, maka affiliter mendapatkan komisi. Arahan yang semakin
banyak maka lebih banyak keuntungan bagi affiliater.
d. Peluang Penghasilan
Yang Sangat Besar. Peluang
penghasilan yang sangat besar ini dikarenakan beragamnya produk yang bisa
dipasarkan, dan nilai komisi pemasarannya yang mencapai 60% dari keuntungan
merchant. Potensi keuntungan yang sangat besar -bahkan bisa melebihi gaji
bulanan direktur perusahaan asing- maka affiliate marketing benar-benar
merupakan kesempatan emas bagi orang biasa.
e. Tidak butuh
pengalaman menjual (marketing). Affliate
Marketing benar-benar tidak memerlukan pengalaman penjualan. Kebanyakan program
afiliasi menyediakan materi pemasaran yang sangat baik. Sederhananya, affiliate
marketing memungkinkan kita untuk menjadi affiliate marketer yang paling rendah
biayanya dan yang paling nyaman. Kita bahkan dapat menjadi sukses dengan bisnis
affiliate marketing dari rumah kita sendiri. Dalam affiliate marketing,
tanggung jawab kita adalah untuk mencari prospek untuk merchant, kita tidak
perlu khawatir mengenai stok, proses pesanan, dan pengiriman produk. Ini semua
merupakan tugas dari merchant.
f. Pilihan dan
celah peluang. Begitu
kita mengetahui strategi mencari pasar yang potensial, affiliate marketing
merupakan jalan yang sangat efektif untuk memperoleh keuntungan di segala niche
market (pasar niche). Ini akan sangat menguntungkan bagi kita untuk dapat
terhindar dari kecenderungan mengumpulkan semua telur dalam satu keranjang.
Begitu keranjangnya hilang, semua telur kita akan ikut lenyap.
g. Tidak berurusan
dengan pengepakan dan pengiriman barang Kita
juga tidak perlu pusing memikirkan dan mengurus soal pengepakan dan pengiriman
barang, karena semuanya merupakan tugas merchant kita.
h. Tidak perlu
berhubungan langsung dengan pembeli, yang
perlu kita lakukan hanyalah mengarahkan prospek ke situs merchant, dengan
berinteraksi melalui blog kita. Selanjutnya pembeli dan merchant yang akan
melakukan komunikasi.
i. Tidak menyita waktu. Banyak strategi yang memungkinkan
kita untuk memperoleh komisi penjualan secara otomatis ataupun semi-otomatis.
2.
Blog Marketing.
Banyak
pengusaha mengambil blog marketing karena cara ini membantu menargetkan traffic
atau pengunjung ke situs Web mereka. Dalam blog marketing, Anda bisa
mempromosikan produk atau jasa anda melalui dunia blogging , para blogger akan
menulis review produk dan memasang link situs Anda sehingga pembaca dapat
memiliki akses langsung dan mudah ke situs utama Anda.
Saat
ini meluasnya perkembangan bisnis membuat bisnis bukan hanya dominasi
orang-orang yang memiliki modal besar. Banyak pengusaha yang memiliki modal
kecil pun kian marak keberadaannya dan mendapatkan kesuksesan tidak kalah
dengan para pengusaha bermodal besar. Salah satu cara yang mereka lakukan
adalah dengan berbisnis online. Media internet telah menjadi tempat mereka
untuk melakukan transaksi bisnis tanpa dibatasi oleh hal-hal yang biasanya
ditemui dalam bisnis konvensional, seperti batas, jarak, cuaca dan lain
sebagainya.
Tapi
sayangnya perkembangan bisnis ini tidak diikuti oleh kesadaran pengusaha untuk
mempromosikan produk dan bisnisnya. Banyak pemilik perusahaan yang masih buta
pentingnya internet marketing untuk kelangsungan bisnis yang dijalankannya.
Survey membuktikan bahwa dari 10 perusahaan yang ada, hanya ada 5 diantaranya
yang sudah mau dan mampu melihat nilai tambah dunia pemasaran online.
Blog
yang menarik dan atraktif diperlukan perusahaan. Definisi blog bagi perusahaan
adalah sebagai wadah komunikasi internal maupun eksternal yang biasa disebut
dengan virtual & Cyber Communication. Keuntungan untuk memanfaatkan teknik
blog marketing bagi perusahaan diantaranya adalah:
a) Blog memiliki komunikasi 2 arah. Selain dapat
dijadikan sebagai wadah konsultasi antara jajaran karyawan dan direksi, juga
dapat dimanfaatkan sebagai sarana penampung masukan dan saran dari pelanggan.
b) Blog akan meningkatkan brand awareness bagi
perusahaan secara tidak langsung. Kesan yang baik akan muncul saat seorang CEO
mau berkomunikasi secara langsung dengan pelanggannya melalui blog. Pelanggan
tidak akan berpikir bahwa CEO tersebut kurang kerjaan tetapi sebaliknya
pelanggan akan berpikir bahwa perusahaan tersebut memberikan perhatian sangat
besar pada pelanggannya.
3.
Display Advertising.
Dalam
metode ini, Anda meletakkan banner Anda ke situs-situs yang sering dikunjungi
oleh target pasar Anda. Di antaranya termasuk situs sosial bookmark, situs
jaringan sosial, situs penerbitan dan forum.
4.
Email Marketing.
Strategi
pemasaran ini sangat baik bagi mereka yang ingin mendapatkan akses instan ke
kotak surat pelanggan potensial ‘. Email pemasaran, adalah daftar email yang
solid dan potensial yang bisa anda dapatkan dari pihak ketiga atau dari
pengunjung yang dengan suka rela memasukan alamat email mereka ke dalam website
anda melaui kotak menu yang telah anda sediakan ( pop up ) cara ini dapat
menghasilkan hasil yang besar dalam penjualan bisnis Anda dan meningkatkan
keuntungan.
Email marketing
Adalah salah pintu masuk bagi calong pelanggan Anda sebelum membeli produk Anda.
Selain itu, email marketing dapat membantu untuk menjaga hubungan baik
dengan pelanggan Anda. Hubungan baik yang terjalin, bisa membuat pelanggan Anda
membeli produk Anda secara berulang-ulang. Pertanyaanya bagaiamana memulai
untuk melakukan strategi email marketing ? jawabanya ialah dengan
mengenali jenis-jenis email marketing agar cara promosi Anda tepat.
Berikut ini 6 jenis email marekting yang harus Anda tahu.
a. Digest Email. Digest email jenis ini berisi
kumpulan link populer dari Artikel atau produk toko online. Email jenis ini
sering digunakan oleh agen kontes. Cotohnya : Saya bergabung di salah satu
kontes desain logo di sebuah website, setiap minggu website tersebut
mengirimkan saya email tentang kontes yang sedang berjalan pada website
tersebut.
b. Newsletter. Sebelum memutuskan untuk menggunakan newsletter
dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan
Anda. Apa yang menjadi tujuan utama Anda dalam email newsletter.
Contohnya : Anda membuat newsletter agar semakin banyak orang membeli
produk Anda dan brand Anda semakin terkenal. Email jenis ini memiliki 3
keunggulan dalam melakukan pemasaran. Pertama, Dengan isi yang informatif
membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Kedua, Anda bisa
membuat orang mengujungi blog Atau website toko online Anda dari link newsletter
yang Anda buat. Ketiga, Dengan newsletter Anda bisa memberikan informasi
terbaru mengenai bisnis Anda misalnya diskon, pengumuman, survei dll.
Kelemahanya, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya
agar sesuai dengan tujuan Anda.
c. Email Khusus. Email jenis ini juga dikenal sebagai
email yang berdiri sendiri, karena hanya mengandung satu informasi tertentu dan
menggunakan alamat email yang berbeda. Misalnya, Anda bisa mengirimkan
email undangan untuk bergabung di grup facebook BELAJAR INBOUND MARKETING
dengan menggunakan email pribadi Anda. Keunggulan email jenis ini, pertama
meningkatkan jumlah orang yang di ajak untuk bergabung dalam sebuah promosi
karena hanya satu penawaran. Kedua, mudah di ukur hasil dari email marketing
yang Anda buat. Kelemahanya tidak adanya jadwal teratur dan perbedaan alamat
email pengirim membuat orang enggan untuk membuka email.
d. Email Untuk Leads atau Follow-Up. Email ini merupakan serangkaian email
yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini
memiliki manfaat untuk menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan
email jenis ini, sangat dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya
terdapat informasi yang pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di
segmentasi bisa membuat pelanggan Anda lari. Misalnya Anda pemilik sebuah website
tantang pengusaha internet. Kemudian ada seseorang yang memberikan kontak emailnya
untuk mendownload e-book Tentang email marekting. Artinya orang
ini suka dengan email marketing, kemudian karena website Anda menyajikan
informasi seputar pengusaha internet tentu ada materi motivasi. Bila Anda
mengirimkan materi motivasi kepada orang yang hanya tertarik dengan email
marketing bisa jadi orang itu akan berhenti untuk menerima email yang Anda
kirimkan.
d. Sponsorship Email. Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang
sama sekali baru dan menghasilkan calon pelanggan baru, Anda mungkin ingin
mencoba email sponsorship. Dalam email sponsorship, Anda
membayar untuk dimasukkan salinan dalam newsletter vendor lain.
Keuntungan terbesar dari email sponsorship adalah bahwa mereka
sangat ditargetkan, memungkinkan Anda untuk lebih spesifik dalam menentukan
segmen yang ingin Anda jangkau. kelemahanya Anda harus membayar untuk
mengirimkan email jenis ini.
f. Email Transaksional. Email transaksional adalah pesan
yang bisa dipicu oleh tindakan tertentu telah diambil, yang memungkinkan
mereka untuk menyelesaikan tindakan itu. Misalnya, jika Anda mendaftar
untuk webinar, Anda akan mengisi formulir dan kemudian menerima
transaksional (terima kasih) email yang menyediakan Anda dengan informasi login
agar bisa bergabung. Email transaksional juga pesan yang Anda
terima dari toko online seperti Yubistore yang mengkonfirmasi pesanan Anda dan
memberikan informasi pengiriman dan rincian lainnya. Keuntungan terbesar dari email
transaksional meningkatkan jumlah pageview. Sayangnya, salah
satu kelemahan email transaksional adalah bahwa mereka dapat
menjadi penghalang untuk menjadi pelanggan Anda. Kadang-kadang orang akan pergi
setelah menekan tombol beli, karena harus menjadi anggota untuk berbelanja.
Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pilihan untuk langsung belanja,
Contohnya Yubistore, Anda bisa langsung belanja tanpa perlu mendaftar terlebih
dahulu.
5. Network Marketing.
Metode
ini juga dikenal sebagai multi-level marketing, pastikan bahwa pendapatan
bisnis Anda terdiri dari sekitar 60 -70 persen penjualan produk dan tidak
banyak bergantung pada biaya keanggotaan serta biaya untuk bahan promosi atau
sampel. Banyak perusahaan biasanya gagal karena mereka hanya mencari anggota
sebanyak banyaknya tanpa melakukan penjualan produk. Anda harus sangat teliti
dalam jenis program ini.
Sebagian
masyarakat masih beranggapan bahwa pengertian multi level marketing (MLM)
identik atau sama dengan sales atau tenaga penjual pada umunya, padahal
keduanya berbeda. Sales hanya akan mendapatkan satu keuntungan saja, sedangkan
MLM akan mendapatkan keuntungan ganda berupa bonus, seperti bonus eceran, bonus
prestasi dan bonus perkembangan, potongan harga, dan incentive-incentive
lainnya. Salesman konvensional mendapatkan motivasi dari berbagai macam
training yang diselenggarakan perusahaan, sedangkan para networker memiliki
komunitas yang lebih solid dan sistem pemberdayaan yang lebih canggih. Para
upline membuat suatu kelompok dan bertindak sebagai pembimbing downline. Mereka
membuat pertemuan-pertemuan reguler, yang tujuan utamanya adalah untuk
memberikan morivasi bagi para anggotan MLM (Dewi, 2004).
Strategi
MLM adalah suatu cara atau metode yang dirancang oleh perusahaan untuk
menawarkan suatu produk dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan,
dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui
suatu jaringan yang dikembangkan oleh para distributor lepas. MLM disebut juga
dengan network marketing, yang intinya adalah membentuk jaringan bisnis atau
pemasaran dan membagi-bagi keuntungan bersama (“Surya”, 1994: 7). Perusahaan
yang menggunakan strategi MLM akan mendistribusikan produk-produknya melalui
sebuah jaringan yang terdiri dari para pelaku bisnis independent di seluruh
dunia secara bebas (Valentine, 2003).
Tugas
utama para distributor perusahaan MLM relatif sederhana yaitu menjual produk
secara langsung kepada konsumen dan mencari teman atau anggota baru agar ikut
bergabung dan bersedia memasarkan produk-produk perusahaan. Untuk dapat meraih
kesuksesan dalam sistem ini setiap distributor harus bekerja keras menjual
produk-produk perusahaan kepada konsumen dan mencari mitra kerja untuk
melakukan hal yang sama sebanyak-banyaknya, sehingga mempunyai jaringan yang
luas.
Penghasilan
mereka diperoleh dari laba grosir, laba eceran, dan persentase dari volume
penjualan total kelompok atau jaringan yang berhasil dibentuk. Keunggulan
metode ini adalah ketika mereka menjadi anggota pasif masih memungkinkan untuk
mendapatkan penghasilan atau bonus (passive income) asal dapat mensponsori
anggota sebanyak mungkin. Mereka yang berprestasi tinggi akan mendapatkan
penghasilan yang tinggi pula.
6.
Search Engine Marketing.
Pengusaha
online yang ingin membuat situs mereka sangat terkenal dapat menggunakan teknik
pemasaran ini. Search Engine Marketing menggabungkan SEO yang dapat anda
lakukan sendiri serta dengan cara berbayar seperti Google Adword. Melalui
Search Engine Marketing, situs Anda akan tampil di bagian atas mesin pencari
sesuai dengan keyword yang anda target.
Search engine marketing adalah sebuah
bagian dari usaha marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas
sebuah website di search engine, baik dengan cara SEO (Search Engine
Optimization) maupun Paid Search. SEO merupakan usaha yang dilakukan
agar website kita dapat mencapai ranking yang lebih tinggi di halaman hasil
pencarian search engine. Jika ranking sebuah website di halaman hasil pencarian
search engine lebih tinggi diharapkan traffic website akan meningkat, yang
artinya meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di website kita. Karena
sebagian besar klik yang terjadi di search engine, terjadi di halaman pertama.
SEO membutuhkan usaha yang konsisten dan merupakan sebuah investasi jangka
panjang, sehingga jangan harap hasil yang maksimal dalam jangka waktu sebulan
dua bulan. Tapi, ada cara lain untuk muncul di halamn pertama hasil pencarian
search engine yaitu paid search (search berbayar).
Search engine marketing sering
kali disalahartikan sebagai paid search. Padahal, SEM merupakan bauran antara
SEO dan Paid Search. Lebih parahnya lagi jika SEM diasosiasikan dengan Google
AdWords yang merupakan platform beriklan dari Google. Perlu dipahami walaupun
Google merupakan search engine, tetapi platform beriklan yang dimilikinya
memungkinkan advertiser untuk memunculkan iklan di jaringan Google seperti
Youtube (yang pasti sudah tidak berkaitan dengan search engine, karena iklan di
Youtube akan berupa image atau video).
Ciri khas search engine marketing adalah keyword.
Jika dianalogikan Search engine merupakan media Televisi yang memiliki berbagai
program acara dengan range penonton yang luas, dari muda hingga tua, dari kelas
sosial ekonomi menengah atas hingga menengah bawah. Tetapi, tiap program punya
audience-nya sendiri2. Ada program acara yang memang paling banyak ditonton
oleh pria dan ada juga oleh wanita. Tiap program acara punya karakteristiknya
masing – masing. Nah, program acara ini yang dinamakan keyword jika dihubungkan
dengan SEM. Jika kita menginginkan hasil yang efektif dan efisien maka kita
diharuskan cerdas dalam memilih keyword mana yang akan kita incar. Bagaimana
pemilihan keyword tersebut sehingga apa yang kita lakukan di search engine
tidak sia sia? Di posting berikutnya, saya akan bahas hal tersebut sehingga
search engine marketing kita memiliki hasil yang maksimal.
7.
Viral Marketing.
Metode
ini menggunakan jaringan sosial dalam mengirim pesan ke pelanggan potensial
yang dapat disampaikan ke pengguna online lainnya. Hal ini dapat dilakukan
dengan menyebarkan pesan suara atau email, atau iklan-kata dari mulut ke
mulut.cara ini sangat cepat menyebar bagaikan menyebarnya sebuah virus.
biasanya konsep viral marketing ini berupa rekomendasi dari teman ke
teman.Istilah viral marketing dipopulerkan oleh Tim Draper dan Steve Jurvetson
dari perusahaan venture capital, Draper Fisher Jurvetson pada 1997 untuk
menjelaskan kesuksesan marketing Hotmail sebagai email provider. Viral dalam
tinjauan marketing adalah terjadinya suatu tindakan baik kepada objek atau
suatu pola pikir, sehingga memiliki kemampuan untuk menyebar dan
menduplikasikan diri atau mengubah objek atau pola pikiran sehingga semakin
menyerupai viral object ketika berinteraksi dengan viral object tersebut.
Dimana penyebaran ini bersifat eksponensial dan membentuk pola penyebaran virus
biologis atau epidemic.
Menurut
Ferrel, Hartline dan Lucas (2004:106) adalah An electronic form of word of
mouth communication. Yang dapat diartikan sebagai suatu bentuk elektronik dari
komunikasi dari mulut ke mulut.
Pengertian
Viral Marketing menurut Arifin (2003:115) adalah suatu program yang dirancang
seperti virus dan berjangkit dari satu orang ke orang lainnya secara cepat dan
luas. Sedangkan pengertian Viral Marketing menurut Wiranaga (2002:95) Viral
marketing merupakan perkembangan dari sistem direct selling dengan cara
memberikan imbalan yang khusus dengan bentuk menyerupai Network Marketing atau
Multi Level Marketing. Yang membedakan antara Viral Marketing dengan Multi
Level Marketing terletak pada variabel produk, perusahaan, harga, sistem bonus,
iuran, target belanja dan berbagai syarat lainnya.
Viral
marketing saat ini adalah promosi dari mulut ke mulut dalam format elektronik.
Dimana viral marketing adalah strategi maketing yang berkaitan dengan
menciptakan pesan online yang original dan cukup menghibur yang mendorong
consumer untuk menyampaikan pesan itu ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan
didalam web seperti virus secara gratis
tanpa membebani si pengiklan (Howard, para. 1).
Viral
marketing saat ini secara umum sangat bergantung pada teknologi internet,
dimana konsumen sangat memahami penggunaan internet dan menggunakan internet
sebagai sarana berkomunikasi sehari-hari.
Viral
marketing dan viral advertising mengacu pada teknik-teknik marketing yang
menggunakan social networks yang sudah ada untuk meningkatan brand awareness
melalui proses self-replicating viral processes dimana penyebarannya dapat
dianalogikan seperti pola penyebaran virus biologis maupun virus komputer. Sehingga
viral marketing dapat disebut juga fenomena marketing yang memfasilitasi dan
mendorong masyarakat untuk menyebarkan pesan-pesan marketing secara sukarela. Kriteria pendukung yang harus diperhatikan
dalam Viral marketing menurut Wiranaga (2003:97) adalah sebagai berikut:
a. Produknya berkualitas dan memang diperlukan oleh konsumen, bukan
produk yang mengada-ada, atau terlalu asing bagi konsumen, apalagi yang masih
kontroversial.
b. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di
supermarket pada umumnya.
c. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan
mudah dimengerti.
d. Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus
yang berarti.
e. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi
berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
f. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target
penjualan downline.
g. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
h. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau
syarat iuran apapun.
i. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam
bentuk apapun.
j. Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
k. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa
ke merek yang memberikan program.
Kelebihan
utama viral marketing menurut Richardson, yaitu :
a. Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan
menekan tombol.
b. Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa
dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat
unik. Hanya dalam hitungan detik, sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak
orang di seluruh dunia.
c. Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk
menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya
mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna
alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah
5 sen.
d. Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah
terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh
proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
e. Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan
atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman
pesan.
f. Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer
untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
Kelemahan viral
marketing yaitu :
a. Ketergantungan pada triggers (pemicu utama viral marketing yang
dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat
konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan
mati.
b. Sangat susah untuk dikontrol, dengan proses replikasi yang cepat
dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan
kontrol akan isi pesan yang disampaikan.
8.
Video Marketing .
Video
Marketing Seperti Youtube mengambil Peranan penting dalam era digital seperti
sekarang ini dimana banyak sekali Artis artis dunia ataupun indonesia yang tiba
tiba ngetop melalui media youtube ini sendiril.
9.
Social Media Marketing
Social Media Marketing adalah upaya pemasaran
online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs
web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook,
Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain.
Social
media adalah sebuah bagian dari strategi marketing. Sehingga tidak bisa berdiri
sendiri. Jadi sangat penting untuk pengelola brand memikirkannya secara
terintegrasi dengan berbagai komponen marketing dan media komunikasi lainnya,
baik online maupun offline. Jika diperlukan ada divisi khusus yang menangani
brand secara online tersebut.
Mengembangkan
kehadiran dan eksistensi situs web Anda pada jaringan social media seperti
Facebook dan Twitter menjadi suatu keharusan bagi bisnis Anda. Social media
merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi, dan mendengarkan
pendapat pelanggan tentang bisnis Anda. Situs social media juga merupakan
faktor penting untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di search engine,
dan mendatangkan jumlah kunjungan yang signifikan dan berkualitas ke situs web
Anda.
Saat
ini Social Media (Seperti Blog,
Facebook, Twitter, Foursquare, dan sebagainya) telah menjadi bagian yang sangat
penting dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi
juga dipergukan sebagai penunjang bisnis. Banyak terlihat kehadiran brand-brand
di berbagai bentuk Social Media. Social media adalah salah satu bagian dari
strategi marketing. Sebagai salah satu cara berkomunikasi, maka Social Media
mempunyai dampak baik serta dampak buruk. Kelebihan social media
marketing :
a. Keberadaan brand di social media dapat menjadi sarana mudah buat konsumen untuk menyampaikan keluhannya dan brand dapat menggunakan social media untuk merespon dengan mudah dan cepat serta personal. Brand pun mesti memikirikan cara pelayanan konsumen yang baik via social media, juga tetap memantau berbagai keluhan layanan, dan meresponnya dengan cepat bahkan sebelum mereka melaporkan secara resmi.
b. Social media dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dengan menjadikan mereka tetap bersentuhan dengan brand secara personal, tetap saling berbagi informasi, dan konsumen mendapat manfaat, sehingga ujungnya bisa meretensi konsumen.
c. Brand bisa menjadi cara baru strategi marketing dari mulut ke mulut.
Kekurangan social media marketing adalah :
a. Jika barang atau jasa yang ditawarkan buruk, para pengguna social media bisa dengan mudah menumpahkan kekecewaannya melalui social media, bahkan sampai mencaci maki. Dengan demikian kehadiran brand di social media tersebut tidak akan membantu selama produknya tidak diperbaiki
b. Harus ada pengelola khusus agar tidak terjadi kebingungan bagi anggota yang merupakan konsumen atau calon konsumen.
a. Keberadaan brand di social media dapat menjadi sarana mudah buat konsumen untuk menyampaikan keluhannya dan brand dapat menggunakan social media untuk merespon dengan mudah dan cepat serta personal. Brand pun mesti memikirikan cara pelayanan konsumen yang baik via social media, juga tetap memantau berbagai keluhan layanan, dan meresponnya dengan cepat bahkan sebelum mereka melaporkan secara resmi.
b. Social media dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dengan menjadikan mereka tetap bersentuhan dengan brand secara personal, tetap saling berbagi informasi, dan konsumen mendapat manfaat, sehingga ujungnya bisa meretensi konsumen.
c. Brand bisa menjadi cara baru strategi marketing dari mulut ke mulut.
Kekurangan social media marketing adalah :
a. Jika barang atau jasa yang ditawarkan buruk, para pengguna social media bisa dengan mudah menumpahkan kekecewaannya melalui social media, bahkan sampai mencaci maki. Dengan demikian kehadiran brand di social media tersebut tidak akan membantu selama produknya tidak diperbaiki
b. Harus ada pengelola khusus agar tidak terjadi kebingungan bagi anggota yang merupakan konsumen atau calon konsumen.
Daftar Pustaka
http://hot.yukbisnis.com/berkenalan-dengan-6-jenis-email-marketing/
http://esoftdream.blogspot.com/2012/06/pengertian-multi-level-marketing-mlm.html\
http://u-agus.com/
0 komentar