[Pesona Temanggung] : Sidempul Camping Ground, Tempat Camping Seru di Lereng Sindoro

Thursday, April 26, 2018

Sidempul Camping Ground

Ada yang pernah ke Temanggung? Selain punya kuliner kupat tahu yang super lezat, Kabupaten Temanggung ternyata juga punya banyak sekali tempat wisata yang harus  dikunjungi, seperti Posong yang berada di kecamatan Kledung, Wisata Religi Rowo Seneng yang berada di Kecamatan Kandangan, Wisata Air Pikatan Waterpark di Temanggung, Wisata Alam Sidempul Camping Ground yang berada di lereng gunung Sindoro, tepatnya di kecamatan Bansari. 

Untuk kali ini Saya akan coba sedikit mereview tentang wisata alam Sidempul Camping GroundSidempul Camping Ground sendiri merupakan wisata alam yang berada di Kecamatan Bansari. Sidempul  Camping Ground sendiri berada di ketinggian 1.576 mdpl dan merupakan pos 1 pendakian Sindoro jalur Bansari yang dikelola oleh pemuda setempat atau kounitas pecinta alam  didaerah tersebut yag bernama kompas (Komunitas Pecinta Alam Sindoro). Sidempul Camping Ground ini sebenarnya merupakan pos pendakian yang kemudian difungsikan untuk tempat camping dan outbond.
Pemandangan dari Sidempul Camping Ground


Lokasi

sidempul camping ground terletak di desa Banaran, kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, lokasinya berada di lahan perhutani atau berada di atas lahan pertanian warga setempat. Akses menuju sidempul ini cukup mudah dan dapat dijangkau menggunakan sepeda motor, meskipun jalannya berupa jalan trasahan (bebatuan) dan tanjakan yang terlalu ekstrim.

Rute Menuju Sidempul

Jalur Menuju Sidempul Camping Ground

Dari Arah Temanggung, Magelang, dan Semarang .

Dari arah timur yaitu temanggung, magelang dan semarang mengambil arah menuju parakan, setelah sampai pasar parakan bisa mengambil arah menuju Bansari, setelah sampai di perempatan desa bansari masuk ke gapura desa Bansari, dilanjut menuju sidempul camping ground.


Dari Arah Kledung, Wonosobo dan Purwokerto.

Dari arah barat yaitu kledung, wonosobo dan purwokerto mengambil arah menuju parakan, setelah sampai parakan, tepatnya pertigaan air minum/ bekas pasar darurat bisa mengambil jalan ke kiri menuju arah Bansari, setelah sampai di perempatan desa bansari masuk ke gapura desa Bansari, dilanjut menuju sidempul camping ground.


Dari Arah Ngadirejo, Sukerojo dan Kendal.

Dari arah Utara yaitu ngadirejo, sukerojo dan kendal mengambil arah menuju klimbungan, setelah sampai di pertigaan klimbungan kemudian ke kanan menuju arah sengon, setelah sampai di perempatan sengon mengambil arah kiri menuju  desa Bansari, setelah sampai di perempatan desa bansari masuk ke gapura desa Bansari, dilanjut menuju sidempul camping ground.


HTM (Harga Tiket Masuk)


Harga tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata sidempul camping ground ini cukup murah yaitu Rp. 5.000,- untuk harga tiket masuk include parkir, jadi kita sudah tidak perlu bayar parkir lagi, cukup murah kan biaya tiketnya?

Selain itu untuk menuju lokasi kita juga bisa menggunakan jasa ojek dari basecamp kompas dengan tarif sebesar Rp. 20.000,- per orang.


Ada Apa Saja di Sidempul?

Sidempul camping Gound memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk sekelas camping ground lainnya, selain adanya mata air yang cukup besar, lahan parkir yang memadai dan juga memiliki mushola yang sangat bagus dan unik, yaitu berupa bentuk dokar yang konon katanya merupakan pemberian dari seorang donatur.

Mushola

Air yang melimpah

Hampir semua wisata alam di Temanggung memiliki konsep yang sama, yaitu spot foto dengan hiasan dari bambu, begitu pula di Sidempul Camping Ground ini, ada beberapa spot foto yang cukup menarik, seperti ayunan,menara foto, tempat duduk untuk ngopi, jadi terkesan kurang unik karena spot foto seperti ini sudah banyak dan sering sekali di temukan ditempat lain.

Spot Foto
Ayunam Untuk Spot Foto
Spot Foto


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

- Harga tiket masuk yang murah.
- Tempat tidak terlalu ramai.
- Kendaraan (motor) bisa menjangkau lokasi.
- Pemandangan yang lumayan bagus, terutama saat sunrise.

Kekurangan

- Transportasi umum yang masih jarang.
- Akses jalan yang kurang bagus (jalan bebatuan dan menanjak tajam)
- Kebersihan Kurang.
- Spot foto yang terlalu umum (Kurang unik).

You Might Also Like

0 komentar