Segernya Soto Sapi Mbok Tumpuk Temanggung

Saturday, September 24, 2016



Kemarin - kemarin sering banget lihat postingan foto - foto makanan di facebooknya Mbok Tumpuk  kok jadi ngiler pengen nyobain yaa, kayaknya enak gitu, tapi waktunya ga pernah pas. Ndilalah kemarin pas pulang dari Magelang kok agak kesiangan, jadinya niat mau sarapan bubur di alun - alun kok udah tutup, mau makan yang lain kok adanya batagor, jadinya mampirlah saya ke Warung Makan Mbok Tumput karena setahuku ada menu soto, jadi pas buat sarapan.

Lokasi

Warung makan Mbok tumpuk ini berada di Jl. MT. Haryono  46 Temanggung, tepatnya belakang LP. Temanggung atau depan SMP Muhammadiyah Temanggung . Jadi strategis banget, soalnya deket alun - alun, masjid agung maju dikit kanan jalan, ada papan nama gedhe kok, jadi gampang nyarinya.


Penampakan depan



Menu dan Harga


Sebenarnya ada beberapa menu yang dijual di warung ini, yaitu penyetan dan aneka soto, karena ada tulisannya spesial soto sapi akhirnya saya memesan seporsi soto sapi plus segelas teh hangat, saat saya pertama kali mengunjungi tempat makan baru saya cenderung memesan menu utama alias menu spesialnya, baru deh kalo enak dateng lagi dan mencicip menu lainnya. 

Daftar menu


Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya pesanan datang. Semangkuk soto sapi yang masih kemebul, ada yang unik dari soto sapi ini, yaitu cara penyajiannya dengan menggunakan mangkuk berbahan kayu, sendoknya juga dari kayu sij, tapi kalau gelasnya enggak, tetep pake gelas kaca. Tapi aku kurang suka kalo sendoknya dari kayu, soalnya tebel, jadi agak kurang mantep gigitannya (Ceileeh bahasanya), tapi secara keseluruhan unik lhoo penyajiannya, aku suka, ala - ala ndeso gitu.


Soto Sapi

Untuk menikmati semangkuk soto sapi yang nikmat ini, kita hanya perlu merogoh kocek sepuluh ribu rupiah, lumayan murahlah, dari segi rasa soto sapi mbok tumpuk ini memiliki cita rasa yang mantep, enak banget, soalnya bumbu rempah - rempahnya berasa banget, kalo orang jawa bilang ora eman bumbu, ditambah dengan penyajiannya yang benar - benar masih dalam keadaan panas, entah kuah soto memang selalu dipanaskan diatas kompor atau kuah mendadak dipanaskan saat penyajian, tapi yang pasti menyajikan soto dalam kondisi kuah yang panas cethar itu membuat kenikmatannya bertambah, semakin Mak nyus kalo kata Pak Bondan. Selain itu, potongan daging sapi didalam soto juga empuk dan ga bau amis, sebenernya aku ga terlalu suka sama daging, tapi potongan daging di soto mbok tumpuk ini saya suka, sayangnya porsinya terlalu sedikit, mungkin karena soto bukan termasuk makanan berat ya, tapi kalau untuk makan siang sepertinya porsinya agak kurang deh. Oh iyaa, kemarin pas makan soto juga turut dihidangkan tempe dan tahu goreng, panas juga, fresh from the open, eh... fresh from the penggorengan dink maksudnya.. hihihi, awalnya saya kita tahu tempenya satu paket sama sotonya, ternyata ada hitungannya sendiri, jadi agak mengecoh sih, ingat yaa sepuluh ribu itu hanya sotonya, belum termasuk tahu tempe, kalau ga salah sih sepotong tahu harganya seribu perak, sepotong tempe juga, kalau ga salah yaa, itu menurut hitunganku, soalnya kemarin bayarnya totalan, ga pake nota juga.



Selain suka dengan rasanya, saya juga suka dengan desain interior dan penataan ruangnya, meskipun tempatnya tidak terlalu luas tempatnya tetap nyaman. Ada banyak sekali pernik - pernik jadul yang terpasang di warung makan ini, semisal mesin ketik tua, mesin pemipil jagung, toplea jadul dan masih banyak lainnya, jadi sepertinya si Bapak Owner memang memiliki konsep jadul untuk warung makannya ini. Bagus, unik dan kreatif banget, cocok buat anak hits yang mau foto - foto.





Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan


  • Tempat yang unik, nyaman dan menarik, mempunyai konsep yang jelas untuk warungnya.
  • Rasa yang enak, rasa rempah - rempah kuat dan pas, serta penyajiannya dalam keadaan panas.
  • Harga yang relatif murah, kalau untuk anak sekolah ada diskon khusus lho.
  • Lokasi yang sangat strategis.
  • Pelayanan yang cepat dan ramah (karena kemarin lagi sepi jadi pelayanannya cepet, ga tahu kalau pas rame, soalnya embaknya sendirian, multi talent dari nerima order, nyiapin pesenan, nyuci - nyuci piring sampai jadi mbak kasir, strong sekali embaknya)

Kekurangan

  • Posisi parkir yang susah, karena warung makan mbok tumpuk yang tidak punya halaman.
  • Jebakan tahu tempe, dikiranya paketan ternyata harga sendiri (maklum emak irit).
  • Porsinya sedikit.

Secara keseluruhan saya suka sekali dengan warung makan mbok tumpuk ini, dan pengen dateng lagi, nyobain menu lainnya, semoga semaknyuus sotonya yaa...


You Might Also Like

8 komentar

  1. wah seger banget ya soto bening kayka gitu, aku kebanyakan makan santen nih mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, enak banget, meskipun kuahnya bening rasa rempahnya kuat, tapi ga bikin eneg.

      Delete
  2. ternyata banyak kuliner maknyuss sepanjang magelang-temanggung ya,
    sejak kuliah sampai sekarang kadang lewat situ tapi belum mampir di sini
    referensi yang menarik nih untuk mampir...
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas banyak sekali, sekarang semakin banyak warung makan, dari yang kaki lima sampai cafe kompliit, tinggal piliih.

      Delete