Mencicipi Kuliner Unik Temanggung

Wednesday, March 25, 2015



Berhubung cuaca cerah kita cus cari tempat makan enak di Temanggung yuuk, sebenarnya sih di Temanggung itu termasuk kota yang sepi jadi agak susah ni teman - teman buat cari makan disini, kebanyakan kalau pada janjian sama orang ya di Alun - alun, dan pilihan menu makannya cuma batagor, bakso, siomay.

Kemarin dapet rekomendasi dari teman nih buat nyobain salah satu rumah makan khas Temanggung di depan Mahkota Pandean, katanya sih tempatnya unik, jadi langsung aja deh Aku cus kesana, dan ternyata tempatnya diluar prediksiku, ga seperti yang aku bayangin. Dari pintu luar sih memang ada tulisan "Temanggung bersenyum, ono opo - opo, opo - opo ono", tapi desainnya warna merah, jadi malah berasa kaya lagi imlekan. Hahaha, tapi pas masuk weew.., keren abis, serasa dirumah jadul. Disini ada 2 lantai nih teman - teman, jadi tinggal milih mau makan dilantai 1 atau lantai 2, sesuai selera.







Dilantai pertama ada banyak peralatan masak dari tanah liat alias gerabah, udah penasaran sama isinya, pas dibuka ternyata isinya kosong, hehehe, jadi ini buat pameran aja, sekalian buat ngajarin anak cucu nama - namanya, hehe (padahal aku sendiri juga ga tahu namanya, tahunya cuma kendil doank). 






Kalau di lantai 2 spesial banget nih teman - teman, soalnya terpatnya terbuka, jadi bisa dengan leluasa lihat pemandangannya, tapi kalau pas hujan ya resiko ya, bakal ketampiasan kayanya, jadi siap - siap aja banya payung, sayangnya Aku kesini siang - siang, mungkin kalau malem romantis ya, soalnya bisa lihat lampu - lampu.

Untuk menunya ada beraneka macam, dari nasi jagung, bakso uleng, tahu kupat, dan yang paling spesial "Nasi Goreng Mbako". Ha? nasi goreng mbako? pasti penasaran kan, ayo dicoba aja sendiri. hihihi. Tapi jangan salah sangka dulu, nasi goreng mbako ini ga pake mbako beneran kok, cuma pakai kubis yang digoreng sampai kering, jadi bentuknya menyerupai mbako yang sudah kering gitu, jadi aman pokoknya, bisa dimakan. Kalau rasanya siih lumayan, tapi menurut lidahku rasanya mirip kaya nasi goreng seafood, jadi lebih condong ke asin gurih. Kalau aku sendiri sih sebenernya lebih suka sama nasi goreng Jawa, jadi yang rasa - rasa pedas manis gitu, tapi it's OK lah, nasi goreng mbako ini patut di coba, terutama buat kalian yang suka agak - agak seafood, pasti suka deh.







Buat kalian yang ga terlalu suka nasi goreng, masih banyak pilihan lain, salah satunya tahu kupat nih, kalau ini maknyus beneran, sambel kacangnya rasanya pas, manis - manis pedas, sesuai dengan lidahku, Aku suka banget, Berhubung Aku tinggal di Magelang, jadi seringnya makan tahu kupat Magelangan sebenernya, jadi kubisnya digoreng, ditambahin bakwan lagi, bumbunya juga lebih banyak kecapnya dibanding bumbu kacang, jadi menurutku aneh, jadi kesimpulannya Aku lebih suka tahu kupat Temanggungan, dan salah satunya di rumah makan ini.



Untuk cemilannya juga beraneka ragam dari jenis pisang, ketan juga ada, tapi untuk kali ini Aku pesen bakpao samkok, penasaran soalnya sama bakpao yang 1 ini, beberapa kali lihat gambarnya di Facebook sama twitter, padahal Aku juga kurang tahu kenapa namanya samkok, kapan - kapan harus tanya nih sama ownernya.

Karena aku terlalu sering makan aneka roti jadi menurutku rasa bakpaonya biasa aja, mungkin karena sudah bosan ya, lagian aku ga terlalu suka dengan makanan dari bahan tepung dan yeast serta di fermentasi, kecuali bika ambon ya. Untuk fillingnya ada beraneka macam rasa, ada blueberry, ayam, coklat dan kacang ijo.



Yang terakhir ada mendoan, yaitu tempe goreng yang dibalut dengan tepung, cocok dimakan selagi hangat sambil nyeplus cabai hijau. Rasanya enak banget, apalagi kalau di temanis secangkir teh, pasti tambah mantep ya...


Yah, kemarin Aku baru sempet nyobain itu tuh temen - temen, padahal masih banyak menu variatif lainnya. Ayo buat teman - teman yang kangen masakan ndeso harus nyobain menu makanan disini, aku masih penasaran dengan nasi jagung gorengnya, Kapan - kapan aku posting lagi ya kalau udah nyobain menu lainnya. Pasti masih banyak makanan enak lainnya...

You Might Also Like

7 komentar

  1. Wah.. Cukup menarik dan membuat penasaran nih,,
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nyobain, aku recommend tahu kupatnya lhoo, enak banget dan masih penasaran sama nasi jagung gorengnya. Hehehe

      Delete
  2. toping nasgornya pakai apa ya itu? mampir di web kita juga ya sablon gelas plastik di bali

    ReplyDelete
  3. Kalau topping nasi goreng mbakonya pake rajangan kubis yang di goreng kering om.

    ReplyDelete
  4. Untuk ancer ancernya kalo dari alun alun mananya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari alun - alun ambil arah ke Pandean, nanti lokasinya depan Mahkota Pandean Mas, kanan jalan kalau dari alun - alun.

      Delete