Sendang Sidengok, Pesona Tersembunyi di lereng Sindoro

Friday, March 27, 2015



Yuuhuu .... Akhirnya bisa ngeblog lagi, setelah sekian lama dirundung males yang tak terhingga, meski telah berusaha mengumpulkan banyak energi, tetap saja yang namanya malas itu susah dihilangkan, kalah sama mager alias males geraknya. Hihihih






Untuk kali ini aku mau berbagi pengalaman liburan murah meriahku, berhubung lagi tanggal tua, dan udah ga ada badget travelling, akhirnya diputuskan untuk mengunjungi "Sendang Sidengok". Sebenernya sih aku udah pernah kesini pas jaman SMK dulu, tapi gapapalah, sekalian nortalgia, mengenang masa muda. (emang sekarang udah tua ya?)


Sebenernya sendang sedengok ini bukan termasuk tempat wisata, dan keberadaannya masih jarang diketahui, lokasi tepatnya ada di Kecamatan Bansari, Temanggung, atau sekitar 20 menit dari Parakan apabila dijangkau dengan sepeda motor. Sendang sedengok ini sebenernya hanyalah bendungan, jadi hampir mirip - mirip sama embung kledung gitu deh, dimana mata airnya digunakan sebagai sumber kehidupan warga sekitar.


Sendang sidengok ini letaknya agak jauh dari perkampungan warga, dan hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki, ga lama sih, sekitar 15 menitan, tapi ga kerasa kok, karena selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan tebing yang luar biasa indahnya, kemarin sempet kepikiran juga sih, kayanya bisa dijadikan tempat panjang tebing yang menantang, hahaha...


Karena aku udah lama banget ga olahraga, alhasil ya tetep ngos - ngosan, ga bawa minum, dan sama sekali ga ada yang jualan air minum disini. Menyedihkan, dengan sedikit rasa galau karena haus, perjalanan tetap harus dilanjutkan, demi mendengar suara gemericik air sendang sidengok.


Dan Tarraaa... Akhirnya sampai juga, terlihat dua kolam air yang besar, berwarna hijau tua dan dari jauh terlihat seperti es cendol yang nikmat(efek kehausan). Tempatnya lumayan bersih, masih jarang adanya plastik - plastik yang berserakan, hanya ada dedaunan yang berguguran terbawa angin.


Disini tempatnya masih alami banget, masih banyak rumput liar disekitar kolam, dan yang pasti suara gemericik airnya itu lho, romantis bangeet, kalau aja tempat ini ada di belakang rumahku, pasti bakalan jadi tempat favoritku pas galau. Suasananya juga adem banget, dan yang pasti masih sepi alias belum banyak pengunjungnya.


So, aku recommend banget buat temen - temen yang mau nyobain wisata ini, liburan murah meriah tapi ga murahan, ada beberapa tips nih buat temen yang mau berkunjung disini :
  1. Sebaiknya mengunjungi tempat ini pada jam - jam 10 pagi sampai 3 sore, karena lokasi di tengah ladang penduduk yang masih sepi, kalau terlalu sore gelap.
  2. Jangan pake highheels, karena jalannya tanah, dan kiri kanannya tebing, daripada kesleo trus jatuh, mending cari amannya aja deh.
  3. Rame - Rame, jangan pernah dateng kesini sendirian, daripada entar nyasar, ga lucu kan muter2 di tengah ladang sendirian :D
  4. Pakai lotion atau jacket, disini banyak banget nyamuknyaa :(
  5. Bawa perbekalan (makanan dan minuman), karena ga ada yang jualan, tapi jangan lupa sampahnya dibawa pulang yaa..
  6. Bawa Kamera buat foto - foto, kan sayang banget udah nyampe tempat sekeren ini kalau ga diabadikan :D


Selamat berlibur....

You Might Also Like

5 komentar