Menyusuri Keindahan Pantai Timang Dengan Keunikan Gondola

Tuesday, April 19, 2016




Semalem iseng - iseng buka galeri foto dan tiba - tiba pengen nulis tentang pantai timang ini, pantai yang bikin aku betah camp disana dan pengen balik kesana lagi, entah karena keindahannya atau karena kesana sama siapanya (Upps...), tapi menurutku pantai timang memang pantai yang layak dikunjungi .

Pantai Timang merupakan sebuah objek wisata yang terletak di antara pantai siung dan pantai sundak. Pantai Timang sendiri terletak di Danggolo, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kudul. Perjalanan darat dari kota Yogyakarta manuju Pantai Timang memerlukan waktu sekitar 3 jam, sayangnya masih jarang adanya petunjuk arah menuju pantai timang ini, hanya ada sebuah papan kecil dari mahasiswa KKN yang menjadi satu - satunya petunjuk arah disana, sehingga kemarin kamipun agak kesulitan mencari lokasi pantai timang ini. Jalannyapun masih berupa jalan beton, sedangkan sisanya masih berupa jalan dari susunan batu karang yang sangat licin dan tajam, terutama saat musim hujan.

Keindahan pantai timang
Baca Juga : Menikmati Keindahan Menoreh dari Punthuk Sukmojoyo

Keunikan lain dari pantai timang ini adalah terdapatnya sebuah pulau kecil diseberang pantai yang merupakan habitat lonster. Untuk menyeberang ke pulau timang pengujung bisa menaiki sebuah gondola sederhana yang dibuat oleh warga sekitar, gondola tersebut sebenarnya merupakan sebuah alat transportasi menuju pulau timang yang digunakan oleh para nelayan untuk menangkap lobster, tapi oleh para warga sekitar boleh digunakan menyeberang oleh pengunjung kok, dengan catatan warga sekitar yang mengendalikan gondola tersebut, ditambah bayar ongkos mungkin (Aku kurang tau kalau masalah ongkos, soalnya kemarin aku kepagian datengnya, jadi ga nyebrang deh). Just info, untuk gondolanya mulai beroperasi pukul 10 pagi ya.

Gondola buat nyebrang (sayangnya kemarin belum buka)
Disebelah pantai timang juga terdapat sebuah bukit yang bisa digunakan untuk camp (Kemarin aku juga camp disitu), dari atas bukit ini kita bisa melihat pemandangan pulau timang yang cantik, selain itu di pantai timang juga terdapat beberapa rumah selfie yang terbuat dari kayu, berlokasi dipinggir batu karang yang bisa digunakan untuk berfoto dengan backround laut dan tebing yang cantik dan mempesona.

Keindahan pulau timang dari atas bukit (lokasi buat camp)
Baca Juga : Bagiku, Sindoro Sumbing Selalu Istimewa

Rute Menuju Pantai Timang

Lokasi pantai timang dari wonosari berjarak sekitar 35 km. Dari arah Wonosari kalian akan melalui jalan menuju Pantai Baron, dari pertigaan Mulo kemuadian berbelok menuju pantai siung hingga melewati Pasar Dakbong, dari pasar inilah jalanan aspal akan mulai berubah menjadi jalan tanah berbatu.Nanti dari sini kalian bisa mulai mengikuti petunjuk arah, perhatikan jalan sekeliling ya, karena petunjuk arahnya memang sangat kecil, bahkan kalau malam hari mungkin tidak akan terlihat. Pantai timang ini diapit oleh pantai seruni di sebelah barat dan pantai jogan di sebelah timur.

Harga Tiket dan Tarif Parkir

  • Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke lokasi pantai timang ini, hanya dikenakan sumbangan seikhlasnya.
  • Dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000,- per motor.
  • Tarif berfoto di rumah selfie sebesar Rp. 5.000,-/ orang.
Rumah selfie

Fasilitas Yang Tersedia

  • Tempat parkir
  • Toilet 
  • Warung (menyediakan Pop Mie, Air mineral, dll)
Secara keseluruhan, pantai timang ini sangat mengesankan, hanya saja jalan menuju pantai timang ini yang masih menyulitkan pengunjungnya, semoga kedepannya akses menuju lokasi ini semakin baik lagi, dan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Gunung Kidul ini.

You Might Also Like

1 komentar

  1. pantainya keren ya tapi sayang buat nyebrang kesana harus pake gondola dan lumayan ekstrim juga ya.. hhe

    ReplyDelete