Backpacker Seru ke Bali Bareng KUSUT (Part 1)

Friday, September 04, 2015

Hallo sobat Reader...

Untuk kali ini Aku mau cerita pengalaman backpacker seruku bareng KUSUT nih temen - temen, sebenernya acara juga diluar prediksi, karena sebenernya sudah punya acara lain diluar tanggal itu, tapi ternyata panitianya membatalkan begitu saja acaranya dengan alasan quota tidak mencukupi (benarkah itu Bapak - Bapak panitia?)

Oke, sebelum lancut ke perjalanan, Aku kenalin dulu the best team perjalanan kemarin, Aku menyebut mereka KUSUT (Komunitas Unik Suka Traveling), sebenernya udah lama sih kenal sama mereka, cuman belum sempet aja mau ngenalin mereka semua ke temen - temen reader sekalian. Ini dia orang orang sableng yang ikut perjalanan kemarin :
1. Mas Ady, dia adalah orang yang bikin Aku ikutan ke Bali alias dia yang pertama beli tiket dan akhirnya kita ikut - ikutan beli tiket juga, jadi Aku anggep dia leader team kita (kalo sama dia semua urusan pasti beres, walopun entar ujungnya bagaimanapun, tetep beres pokoknya. *anggap saja begitu), Mas Cantik yang satu ini punya lesung pipit, dia rajin sholat dan yang paling sering nguprek - nguprek Aku sholat saat kegiatan bareng (lebih rajinan dia dibanding gue), dia sering nglakuin hal konyol yang menurutku aneh, salah satunya sering banget ngrepotin temennya saat traveling (temen facebook dan baru pertama ketemu).

2. Mas Manto, temenku yang satu ini juga ga kalah unik, rambutnya gondrong (katanya ga mau potong rambut sebelum Si Nanda nikah, Oke, kita buktikan saja), dia adalah orang yang paling sabar dan santai, mau diajakin kemanapun pasti bilang ayo, mau diajakin kumpul kapanpun, pasti bilang Oke, mau di cerewetin seperti apapun paling cuma senyum - senyum.

3. Indra, kalo sama dia aku baru pertama kali ketemu di acara ini, orangnya lebih pendiem dibanding yang lain, selain itu juga pelor, nempel langsung polor, asal dapet tempat yang sedikit nyaman aja pasti langsung merem nih anak, yang lain masih asyik ngrumpi nih anak sudah pulesnya molor, dia penggemar beratnya SID, dan beruntunglah dia karena kemarin kita ketemu sama bli Jerinx, drummernya SID.

4. Umi, Aku juga baru pertama kali ketemu sama nih anak, mbak bule yang 1 ini asli Banjarnegara, jadi dia bisa memecahkan suasana dengan bahasa ngapaknya, katanya "orak ngapak orak kepenak". Tapi salut sama nih anak yang bangga dengan bahasa ngapaknya, Oke lanjutkan Mbakayune.

5. Annisa & Bebebnya (aku lupa namanya), kita sama - sama berangkat di Jogja, bersebelahan tempat duduk dan sama - sama mau ke Bali, akhirnya kita sepakat untuk gabung aja (Entah itu suatu keberuntungan atau ke"apes"an saat mereka kenal bareng kita dan akhirnya gembel bareng kita, hanya merekalah yang tahu)

6. Dan yang terakhir adalah Aku, tapi tak perlu aku ceritakan tentang siapa aku, karena aku terlalu sempurna untuk deceritakan (Hoeeek)

Perjalanan dimulai dari Jogja, sebenernya kita berangkat dari Magelang malem dan nginep di Jogja (deket stasiun Lempuyangan), karena kereta Sri Tanjung yang akan mengantar perjalanan kita berangkat pagi, sekitar jam 7 pagi. Nginep disini lumayan murah sih, 30rb per orang, dengan fasilitas kamar mandi dalem, kipas angin dan TV, tempatnya nyaman & bersih.

Sekitar jam 5 pagi kita udah pada bangun, sholat, mandi, kemudian cari sarapan didaerah  pasar Lempuyan, sarapan soto yang murah muriah, 1 porsi soto + 1 gelas teh hangat cuma 8 ribu rupiah, rasanya juga lumayanlah, buat mengganjal perut.

Soto Pasar Lempuyangan
Tahu Isi
Setelah selesai sarapan kita segera bergegas menuju stasiun, jaraknya tidak terlalu jauh dari pasar, hanya sekitar 5 menit jalan kaki.
Siap berangkat
Kereta Sri Tanjung berangkat dari stasiun Lempuyangan sekitar jam 7 pagi, harga tiketnya juga lumayan murah, yaitu Rp. 100.000,-, kalo beli di alfamart kena charge Rp. 7.000,-, jadinya Rp.107.000 (dasar emak - emak, tujuh rebon aja di permasalahkan). Perjalan sampai Banyuwangi sekitar 15 jam, dan kita di kereta hanya menghabiskan waktu untuk ngobrol, tidur, maenan hp, tidur lagi, makan, tidur lagi, dan hanya seperti itulah aktivitas kita di dalam kereta.

Botol minum kesayangan yang hilang diperjalanan pulang
Oh iya, sekedar saran saja ya, kalo naik kereta sebaiknya bawa bekal aja, nasi bungkus atau apa, soalnya kalau makanan disini mahal dan rasanya juga ga enak, kemarin kita sempet makan nasi goreng di kereta, harganya Rp. 18.000,-/ porsi, dan rasanya 5 dari skala 10 (menurut gue), dan jangan lupa bawa bantal/ boneka dan selimut (kalo aku biasanya bawa pashmina yang enteng dan multifungsi, selain buat selimut bija juga buat alas sholat atau alas tidur saat keadaan urgent), kedua benda ini sangat membantu saat perjalanan jauh seperti ini, walopun sebenernya di kereta juga ada penyewaan bantal seharga Rp. 5.000/ pcs

Nasi Goreng Mahal
Setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan, sekitar pukul 10 malem akhirnya kita sampai di stasiun Banyuwangi Baru, kemudian kita bergegas ke masjid dekat pelabuhan untuk sholat dan istirahat sebentar disana, jarak antara stasiun Banyuwangi Baru dan Pelabuhan Ketapang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 menit berjalan kaki.
Stasiun Banyuwangi Baru
Perjalanan di lanjut dengan naik kapal Feri dari Pelabuhan Ketapang menuju pelabuhan Gilimanuk, harga kitetnya sangat murah, yaitu Rp. 7.500,-, tapi kalau bayar dengan uang Rp. 10.000,- dikasih kembaliannya cuma Rp.2.000,-, jadi disarankan pake uang pas aja ya, kan lumayan 500 bisa buat beli permen. Ini perjalanan pertamaku dengan kapal, jadi karena takut mabuk akhirnya aku minum antimo, demi keamanan dan kenyamanan.

Jangan lupa minum Antimo biar ga mabuk
Mau tau cerita Backpacker Seru ke Bali Bareng KUSUT selanjutnya, jangan lupa baca Backpacker Seru ke Bali Bareng KUSUT (part 2) yaaa...